Connect With Us

Ungkap Penyelundupan, Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta Pasang Ion Scanner

Denny Bagus Irawan | Kamis, 30 Juni 2016 | 12:00

Narkoba sebanyak 71 Kg gagal diselundupkan. (@TangerangNews.com 2016 / Raden Bagus Irawan)

 TANGERANGNews.com-Petugas Bea dan Cukai Bandara Internasional Soekarno-Hatta menggunakan alat baru dalam mengungkap serbuan narkotika ke Indonesia.  Alat tersebut adalah Ion scanner, bentuknya kecil dan terpenting dapat mencium orang maupun barang yang pernah tersentuh narkotika.
Dengan alat ini  juga memundahkan Bea Cukai karena tidak perlu lagi harus mengeluarkan barang dari dalam koper penumpang.

 

Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Bea dan Cukai Bandara Soekarno-Hatta Erwin Situmorang. Menurutnya, salah satu keberhasilan dari pengungkapan penyelundupan sabu sebanyak 71 Kg yang terjadi pada 12 Mei 2016 lalu di Ruko Arcadia Batuceper, Kota Tangerang  karena bantuan alat tersebut.

“Nama alatnya Ion scan, karena kalau sekedar X-ray masih ada kendala imejnya tak tembus, meski begitu tetap saya masih yakin X-ray. Tetapi, alat sebagus apapun tetap lebih penting informasi,” ujar Erwin, Kamis (30/6/2016).

 

Enaknya menggunakan ion scanner menurut Erwin, mesin-nya kecil dan bisa dibawa kemana-mana tanpa harus repot.  Pernah, kata Erwin, sindikat narkotika menjajal menggunakan gula. Meski saat itu hanya gula, namun karena sebelumnya wadah yang digunakan bekas narkotika, akhirnya petugas berhasil melakukan pengungkapan. “Ada yang coba jajal pakai gula, tetapi karena tempat bekas narkoba, ya akhirnya tetap tercium oleh kami kalau mereka adalah Bandar narkoba,” ujarnya.

 

Sementara itu, Kapolres Bandara Soekarno-Hatta, Kombes Pol Roycke Harry Langie mengatakan, pelaku tindak pindana yang melakukan penyelundupan narkoba di bandara itu semakin pintar. “Mereka mengemas sabu dalam mesin blower, mereka juga membuat alat yang mencegah agar tak tembus x-ray, pelaku narkotika adalah orang yang pintar, kita harus waspada,” katanya.

 

KOTA TANGERANG
Warga Babakan Tangerang Digegerkan Penemuan Mayat Mengambang di Sungai Cisadane

Warga Babakan Tangerang Digegerkan Penemuan Mayat Mengambang di Sungai Cisadane

Kamis, 28 Maret 2024 | 21:01

Mayat berjenis kelamin Laki-laki tanpa identitas ditemukan di Sungai Cisadane, Kelurahan babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Kamis 28 Maret 2024, pagi.

KAB. TANGERANG
Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:19

Kecelakaan mobil Honda Brio di Jalan BSD Raya Utama, tepatnya di dekat QBig, Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 27 Maret 2024 malam, mengakibatkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

WISATA
Bulan Ramadan Ada Unjuk Rasa Umami Eats di Tangcity Mal

Bulan Ramadan Ada Unjuk Rasa Umami Eats di Tangcity Mal

Jumat, 29 Maret 2024 | 05:32

Memasuki bulan Ramadan banyak kegiatan-kegiatan digelar, salah satunya ialah Unjuk Rasa.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill