Connect With Us

Bupati Tangerang Buka Uji Kopetensi Wartawan

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 25 November 2015 | 20:41

Uji kopetensi wartawan yang diadakan Bupati Tangerang (tangerangnews.com / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANG - Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar membuka secara resmi sosialisasi dan uji kompetensi wartawan yang di selenggarakan Dewan Pers dan PWI yang bertempat di Gedung Serba Guna Puspemkab Tangerang. Rabu, (25/11). 

Jaya Kurnia selaku Ketua Panitia Penyelenggara menjelaskan, standar kompetensi ini menjadi indikator profesionalitas wartawan sekaligus diperlukan untuk melindungi kepentingan publik.

Standar kompetensi ini juga untuk menjaga kehormatan pekerja wartawan itu sendiri, kemudian kompetensi wartawan.

Untuk memberikan pemahaman akan pentingnya standardisasi wartawan dalam menjalankan pekerjaannya. 

"Kegiatan ini merupakan penguatan internal bagi wartawan tentu implikasi dari sosialisasi dan uji kompetensi ini dapat mendorong peran Pers dalam pembangunan khususnya di daerah Banten, peserta sosialisasi kompetensi wartawan secara terbuka diikuti bukan saja oleh kalangan media, namun juga menyertakan kalangan akademisi mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di wilayah Tangerang," jelas Jaya. 

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Margiono disela-sela acara tersebut mengatakan, hubungan pemerintah daerah dengan kalangan wartawan yang baik otomatis akan berdampak positif memacu pembangunan setempat, karena adanya kerja sama pemerintah dan wartawan dalam menyampaikan informasi, akan menghasilkan berita berkualitas yang mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. 

"Yang tidak lulus ya jangan di luluskan, lebih baik bapak Bupati punya 20 wartawan tapi bagus dan kompeten, dari pada Pak Bupati punya wartawan 200 tapi tak berkualitas semua," ujarnya. 

Sementara  Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar dalam sambutan pembukaannya mengungkapkan, hubungan antara pemerintah daerah dengan wartawan/pers merupakan hubungan yang bersifat simbiosis mutualisme atau saling membutuhkan. 

Keduanya merupakan mitra setara yang saling membutuhkan walaupun peran atau fungsi, motif dan tujuan kegiatan masing-masing pihak saling berbeda. Keberadaan wartawan atau kalangan pers sangat dibutuhkan oleh pemerintah sebagai penyebar informasi untuk masyarakat terkait dengan segala sesuatu yang dilakukan oleh pemerintah setempat. 

"Selama ini, informasi yang disalurkan media massa mengenai pembangunan di Kabupaten Tangerang dapat dikatakan positif serta ikut serta mendukung pemerintah melalui pemberitaan baik dalam bentuk saran, maupun kritikan yang membangun, meskipun demikian tidak dapat dipungkiri, bahwa sering kali ada kendala dalam hubungan ini karena adanya perbedaan pendapat maupun cara pandang, yang merupakan suatu hal yang wajar dalam sebuah proses demokrasi, saya tidak anti kritik silahkan saja kritik asalkan itu kritik yang membangun," Kata Zaki. 
Hadir dalam acara tersebut, Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar, Kapolresta Tangerang Kombespol Irman Sugema, Kajari Tigaraksa Firdaus, Ketua Dewan Pers Pusat Prof. Bagir Manan, dan Ketua PWI Pusat Margiono.

AYO! TANGERANG CERDAS
Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:29

Pemerintah Kota Tangerang telah membuka pendaftaran Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran baru. Tahap ini merupakan bagian dari proses PPDB yang harus diikuti.

BANDARA
Kecelakaan Kerap Terjadi di Jalur Perimeter, Pihak Bandara Soetta Sebut Akibat Human Error

Kecelakaan Kerap Terjadi di Jalur Perimeter, Pihak Bandara Soetta Sebut Akibat Human Error

Kamis, 28 Maret 2024 | 21:54

TANGERANGNEWS.com-Pihak Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menyebut kecelakaan yang kerap terjadi di Jalur Perimeter disebabkan karena human error atau kelalaian pengendara.

BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

KAB. TANGERANG
Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:19

Kecelakaan mobil Honda Brio di Jalan BSD Raya Utama, tepatnya di dekat QBig, Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 27 Maret 2024 malam, mengakibatkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill