Connect With Us

Urus e-KTP, Warga Kabupaten Tangerang Sampai Tidur di Disdukcapil

Denny Bagus Irawan | Kamis, 25 Agustus 2016 | 14:00

Warga saat mengantre pembuatan e-KTP. (@TangerangNews.com 2016 / Raden Bagus Irawan)

 

 

TANGERANGNews.com-Jumlah permintaan perekaman serta, percetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kabupaten Tangerang membludak.  Warga dari 29 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tangerang, penuhi kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Kamis (25/8/2016) 

 

Ironisnya, beberapa dari masyarakat sampai rela tidur di lorong hanya untuk menunggu proses pembuatan e-KTP.

 

Hal tersebut terjadi, menyusul adanya pemberian waktu tenggang oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo dalam percetakan dan perekaman e-KTP hingga akhir September 2016.

 

Abih Sulistio misalnya, salah seorang warga di Kecamatan Kronjo. Dia sengaja secara langsung mendatangi Disdukcapil Kabupaten Tangerang, supaya langsung mendapatkan e-KTP.

 

"Sejak pagi buta saya sudah di sini, nganter anak saya yang mau bikin KTP. Saya juga sengaja datang  langsung. Sebab, kalau di kecamatan takut lama, kan katanya sebentar lagi habis," ungkapnya.

 

Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tangerang, Dedeh Hadijah mengatakan, sejak adanya pemberian masa tenggang, Disdukcapil Kabupaten Tangerang mampu mencetak hingga kurang lebih 700 e-KTP.

 

"Untuk waktu pembuatan e-KTP itu sekitar tiga menit dan memang banyak banget yang bikin surat administrasi kependudukan terutama e-KTP terlebih sejak ada masa tenggang," ungkapnya.

 

Terkait, permasalah ketersediaan blanko, Disdukcapil Kabupaten Tangerang tak merasa khawatir.

 

"Memang beberapa daerah terkendala akan ketersediaan blanko, tapi Kabupaten Tangerang sudah ada blanko sebanyak 20 ribu yang kami terima dari pusat," ujarnya.

 

Ia pun turut memberi himbauan kepada penduduk Kabupaten Tangerang untuk segera melakukan perekaman E-KTP.

 

"Terkait masa tenggang pembuatan E-KTP, tentu kami himbau masyarakat untuk segera melakukan perekaman karena, kalau batas waktu tersebut sudah lewat, masyarakat akan kesulitan mengurus adminitrasi lainnya seperti, daftar BPJS,” tuturnya. (denny irawan)

 

 

KOTA TANGERANG
Sosok Arief R Wismansyah Dinilai Calon Kuat Calon Gubernur Banten

Sosok Arief R Wismansyah Dinilai Calon Kuat Calon Gubernur Banten

Sabtu, 20 April 2024 | 12:47

Sosok Arief R Wismansyah tidak asing lagi bagi warga di provinsi Banten, apalagi di wilayah Tangerang. Kepemimpinannya dalam menahkodai Kota Tangerang dikenal luas publik.

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

SPORT
Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Jumat, 19 April 2024 | 12:41

Pekan ke-32 BRI Liga 1 musim 2023/2024 mempertemukan antara Persik Kediri melawan Persita Tangerang di Stadion Brawijaya, Kediri, Jawa Timur, pada Sabtu, 20 April 2024, sekira pukul 15.00 WIB.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill