Connect With Us

Pelayanan Satu Hari Jadi, Disdukcapil Tangerang 'Diserbu' Warga

Advertorial | Senin, 25 Mei 2015 | 16:19

Pelayanan Satu Hari Jadi. (Rangga A Zulianzyah / TangerangNews)

 

TANGERANG-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang membuka pelayanan satu hari jadi di Festival Cisadane, Jalan Benteng Jaya, Kecamatan Tangerang. Pelayanan yang dibuka di tiga stand dan dua mobil keliling tersebut pun banyak diminati warga yang ingin mengurus dokumen kependudukan.

 

Kepala Disdukcapil Kota Tangerang Erlan Sutarlan mengatakan, pelayanan satu hari jadi ini dibuka selama 10 hari mulai 23-30 Mei 2015 selama Festival Cisadane berlangsung. Adapun layanan satu hari yang dibuka adalah pembuatan akte kelahiran, kartu keluarga (KK), dan KTP elektronik.

 

"Pelayanan pendaftarannya dibuka mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB," jelasnya, Senin (25/5).

 

Menurut Erlan, Disdukcapil menargetkan pelayanan untuk 200 pengunjung setiap harinya.  Sehingga pihaknya telah mempersiapkan banyak berkas seperti formulir pendaftaran, blanko, kutipan akta dan lain-lain.  "Berkas sudah disiapan banyak, jadi dijamin tidak akan habis," katanya.

 

Kepala Bidang Pencatatan Sipil di Disdukcapil Kota Tangerang Emma Rahmawati menyatakan, bahwa pembuatan Akta Kelahiran, KK dan KTP Elektronik bisa selesai satu hari jadi selama persyaratan lengkap. Pihaknya juga mengutamakan warga yang tidak membawa surat kuasa.

 

"Kalau lengkap, kita usahakan selesai hari itu juga. Kalau yang bawa surat kuasa lebih baik langsung ke kantor Disdukcapil saja," paparnya.

 

Emma menambahkan, pihaknya juga siap melayani menerima berkas seperti Akte Perceraian dan Akte Kematian. Namun tidak bisa satu hari jadi, seperti halnya Akta, KK dan KTP Elektronik. 

 

"Di stan ini semua berkas terkait catatan sipil kita terima dan layani," ujarnya.Sedangkan sebagai langkah antisipasi terjadinyaantrian panjang selama  Pelayanan Satu Hari Jadi, pihaknya menggunakan sistem nomor antrian.

 

Selain itu juga menempatkan 35 orang petugas pencatatan sipil yang bertugas selama dua shift. "Kami menyiapkan nomor antrean sebagai bentuk pelayanan kita kepada pengunjung di Festival Cisadane 2015 ini. Sehingga tinggal menunggu nomornya dipanggil saja," ujarnya.

 

Salah satu warga Karawaci, Tama, mengaku senang dengan adanya layanan satu hari jadi yang dibuka Disdukcapil Kota Tangerang. Layanan ini mempermudah dirinya membuat KTP elektronik sambil mengunjungi Festival Cisadane 2015.

 

"Sambil jalan-jalan, bisa sekalian bikin KTP, jadi gampang. Ini program yang bagus," ungkapnya.(ADV)

BANTEN
Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Jumat, 19 April 2024 | 01:17

Sebagai perusahaan telekomunikasi berbasis digital yang terdepan, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan solusi konektivitas jaringan dengan kecepatan tinggi di sepanjang jalur laut pelabuhan Merak - Bakauheni.

NASIONAL
Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Kamis, 18 April 2024 | 12:51

PT Kereta Api Indonesia (Persero), atau KAI, tengah membuka rekrutmen terbaru untuk tahun 2024 dengan menawarkan lowongan kerja bagi lulusan S1 dari berbagai jurusan.

SPORT
Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Jumat, 19 April 2024 | 12:41

Pekan ke-32 BRI Liga 1 musim 2023/2024 mempertemukan antara Persik Kediri melawan Persita Tangerang di Stadion Brawijaya, Kediri, Jawa Timur, pada Sabtu, 20 April 2024, sekira pukul 15.00 WIB.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill