Connect With Us

Disdukcapil Kota Tangerang Kesulitan Penuhi Target e-KTP

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 25 Agustus 2016 | 16:00

Ilustrasi proyek e-KTP (Dira Derby / TangerangNews)

 

TANGERANGNews.com-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang mengaku akan sulit memenuhi target dari Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) agar seluruh warga memiliki e-KTP pada 30 September 2016.

 

“Sampai saat ini masih ada sekitar 300 ribu warga wajib e-KTP di Kota Tangerang yang belum melakukan perekaman. Kalau batas akhirnya September nampaknya akan sulit,” jelas Kepala Disdukcapil Kota Tangerang Erlan Rusnarlan, Kamis (25/8/2016).

 

Menurutnya, yang menjadi kendala dalam pembuatan e-KTP adalah kelankaan blanko dari pemerintah pusat. Kelangkaan ini terjadi sejak bulan Juni 2016. Hal itu menyebabkan pihaknya belum bisa melakukan pencetakan fisik e-KTP dengan cepat.

 

“Jadi masyarakat harus menunggu cukup lama, sedangkan mereka tidak mau tahu menahu, prostesnya ke Disdukcapil,” ujarnya.

 

Kemendagri sendiri menyatakan telah mengirim 4,5 juta blanko ke tiap daerah, namun menurut Erlan, pihaknya belum menerimanya. Dia berharap blanko tersebut segera diberikan.

 

“Dalam sebulan kita butuh sampai 30 ribu per bulan. Itu bukan hanya untuk orang yang bikin baru, tapi juga untuk warga pindah datang atau yang KTP-nya rusak. Karena itu kita terus minta dan sampai jemput bola ke Mendagri untuk meminta blanko,” tukasnya.

 

Erlan mengaku, secara prinsip untuk perekaman tidak ada masalah, hanya pencetakan fisik e-KTP saja yang terkendala. “Kalau blanko nya ada, pencetakan bisa langsung dilakukan,” jelasnya.

 

 

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

SPORT
Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persis Solo vs Persita, Laga Hidup Mati Pendekar Cisadane

Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persis Solo vs Persita, Laga Hidup Mati Pendekar Cisadane

Kamis, 25 April 2024 | 13:38

Pekan ke-33 lanjutan BRI Liga 1 musim 2023/2024, Persis Solo akan menjamu Persita Tangerang di Stadion Mahana, Solo pada Jumat, 26 April 2024, sekira pukul 15.00 WIB.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill