Connect With Us

Kualitas Air Baku Sungai Cisadane Menurun

| Rabu, 27 Maret 2013 | 16:57

| Dibaca : 753

AMK Tebar Benih Ikan di Situ Cipondoh (tangerangnews / dens)

 


TANGERANG-Kualitas air baku Sungai Cisadane yang merupakan sumber air minum masyarakat Kota Tangerang terus menurun. Hal tersebut akibat pencemaran limbah industri yang semakin tak terkendali.

Itu dikatakan Direktur Utama PDAM Tirta Benteng (TB) Kota Tangerang Ahmad Marju Kodri, kepada wartawan seusai acara tebar benih ikan di Situ Cipondoh, dalam rangka memperingati hari air sedunia Rabu (27/3).
 Menurutnya, berdasarkan hasil tes laboratorium, air baku mengandung Biochemical Oxygen Demand (BOD)/Chemical Oxygen Demand (COD ) yang tinggi.

"Hal tersebut sudah dirasakan PDAM Tirta Bnteng sejak satu tahun terakhir. Saya sudah mengirim surat kepada Menteri Kesehatan dan Pemerintah Provinsi Banten soal kualitas air baku yang cenderung turun ini, supaya mengambil langkah kongkrit," ucapnya.

Lebih lanjut Kodri menjelaskan, pencemaran ini disebabkan limbah industri yang dibuang ke Sungai Cisadane, tanpa adanya pengolahan terlebih dulu. Padahal sungai tersebut adalah sumber air baku bagi PDAM Tirta Benteng. Namun kata Kodri, sebelum air baku itu disalurkan ke pelanggan, pihaknya terlebih dahulu memproses sehingga layak konsumsi.

"Kualitas air PDAM yang kami salurkan ke pelanggan sudah memenuhi standar peraturan Kementerian Kesehatan," tuturnya.

Sementara itu Wahidin Halim Wali Kota Kota Tangerang, beberapa waktu lalu sempat mengungkapkan, ada tiga  perusahaan yang ditutup oleh pemkot karena terbukti mencemari lingkungan Kota Tangerang.

"Kami sudah menutup tiga perusahaan yang ada di Kota Tangerang. Mereka terbukti secara jelas telah mencemari lingkungan, terutama perairan," tutur Wahidin dihadapan Menteri Lingkungan Hidup.

Namun saat ditanya, perusahaan mana saja yang ditutup, Wahidin enggan menjawab lebih lanjut. Kedepannya, Wahidin mengaku akan terus melakukan pemantauan terhadap perusahaan yang membandel, tidak mengolah secara baik dan benar limbah yang diproduksi.(RAZ)
 
KOTA TANGERANG
Ojek Online  Bentrok dengan Ojek Pangkalan  di Tangerang

Ojek Online Bentrok dengan Ojek Pangkalan di Tangerang

Rabu, 26 April 2017 | 21:00

TANGERANGNEWS.com-Pengemudi ojek online kembali terlibat bentrokan. Kali ini bukan dengan sopir angkot, tetapi dengan ojek pangkalan pada Rabu (26/4/2017) malam.

TOKOH
SOSOK : IPDA Edy Arianto, Kapospol Tanpa Cacat

SOSOK : IPDA Edy Arianto, Kapospol Tanpa Cacat

Rabu, 26 April 2017 | 13:00

TANGERANGNews.com- Disela kesibukanya dalam mengemban amanah sebagai anggota Polri. Ipda Edy Arianto tanpa henti tetap memperhatikan kebersihan lingkungan yang ada di sekitarnya.

PROPERTI
Rangkul UKM, Dua Factory Outlet Terbesar Buka di QBig BSD

Rangkul UKM, Dua Factory Outlet Terbesar Buka di QBig BSD

Jumat, 3 Februari 2017 | 16:00

TANGERANGNews.com-Dua factory outlet terbaru besar dan terbesar di Qbig BSD City, Tangsel, yakni Factory outlet tersebut adalah Truly premiun Outlet (TPO) dan FAMOGAL (Fashionable Moslem Gallery, mulai dibuka.

AYO! TANGERANG CERDAS
5 Persiapan Berkunjung ke BIG Bad Wolf Book Sale di ICE BSD Tangerang

5 Persiapan Berkunjung ke BIG Bad Wolf Book Sale di ICE BSD Tangerang

Senin, 24 April 2017 | 15:00

TANGERANGNEWS.com-Pameran buku terbesar se Asia Tenggara, The Big Bad Wolf Book Sale resmi dibuka pada hari Kamis 21 April lalu. Pameran akan berlangsung hingga 2 Mei 2017 mendatang.

"Jangan pernah ragu dengan potensi yang ada dalam diri kita. Cobalah lihat kupu-kupu, seandainya saja dia memiliki keraguan, maka dia akan hidup dan mati sebagai seekor ulat bulu yang hanya bisa merangkak."

Larispique Philidor