TangerangNews.com

Pemkot Tangerang Terpilih Daerah Terbaik Nasional

| Senin, 9 November 2009 | 09:30 | Dibaca : 3667


Wali Kota Tangerang Wahidin Halim dan Wakil Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah. (tangerangnews / Foto : dens)


TANGERANGNEWS- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terpilih sebagai daerah berprestasi terbaik nasional berdasarkan penilaian kinerja keuangan, peningkatan kinerja ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani beberapa waktu lalu.  
 
Penghargaan itu diterima langsung dari Menteri Keuangan Sri Mulyani ke Wali Kota Tangerang Wahidin Halim di Departemen Keuangan, Jakarta.
 
Sekretaris Daerah Kota Tangerang Harry Mulya Zein mengatakan, dipilihnya daerah ini sebagai wilayah berprestasi terbaik nasional dari tiga unsur penilaian.  Pertama dari sisi pendapatan asli daerah yang naik setiap tahun sejak  2007, 2008, 2009 yang mencapai 16%. Berdasarkan penilaian Badan Pemeriksa Keuangan dan Departemen Keuangan ada pertumbuhan ekonomi diatas rata-rata Nasional mencapai 6%.  "Jadi kalau rata-rata pertumbuhan  nasional 4 % dari gros nasional produk, kita ini ada kenaikan 6% dari produk domestik bruto," terang Harry.
 
Selain itu, penyelesaian APBD tepat waktu  atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) yaitu kenaikan dari wajar dengan pengecualian (WDP) ke wajar tanpa pengecualian (WTP) serta  mempertahankan  opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama dua tahun berturut-turut juga menambah penilaian.
 
 "Jadi yang pertama dinilai soal  stabilitas perekonomian yang berbuah dengan menurunnya angka inflasi pada tahun 2009. Tercatat pada triwulan II tahun 2009 angka inflasi Kota Tangerang hanya 0,26% atau terendah se-Propinsi Banten  Dengan demikian diperkirakan angka inflasi Kota Tangerang di 2009 hanya akan mencapai kisaran 2 – 3 %," tegasnya.
 
Sedangkan laju pertumbuhan ekonomi (LPE) Kota Tangerang mencapai 6,8 %.  Penilaian kedua, yakni dalam menurunkan angka kemiskinan.
 
 Angka kemiskinan menurun menjadi 89.284 jiwa atau turun sebesar 5,67 % dari angka 95.140 jiwa di tahun 2007.  Tercatat jumlah lowongan baru yang ditawarkan pada tahun 2008 mencapai lebih dari 9.000 lowongan. Sedangkan pada 2009 ini tercatat hingga November jumlah pengangguran dari 36.000 turun menjadi 23.000.
 
 "Ini karena adanya pemodal yang masuk, seperti Tangerang City, Bandara, Alam Sutera, Taman Royal dan Modern Land," jelasnya.  
 
Sedangkan penilaian terakhir soal pelananan izin serta infrastruktur.  Soal perizinan dan prasarana jalan hingga ke kampung-kampung yang dikonblok dan penerangan ternyata juga menjadi nilai tambahan. "Saya bukan bermaksud saombong, para investor ternyata melaporkan ke Menteri Keuangan kalau perizinan di sini non pungli," tegasnya.
 
Sementara itu Ketua DPRD Kota Tangerang Herry Rumawatine mengaku menyambut gembira terpilihnya Kota Tangerang sebagai Pemerintah Daerah terbaik Nasional. "Kami harapkan penghargaan seperti ini bisa dipertahankan, kalau bisa malah ditingkatkan lagi, " singkatnya. (dira)