Connect With Us

Program 1 Juta Rumah Mulai Terealisasi, Dimulai dari Tangerang

EYD | Senin, 5 Oktober 2015 | 11:07

Ilustrasi program satu juta rumah yang digagas pemerintah. Program ini mulai direalisasikan dari Tangerang. (istimewa / tangerangnews)

TANGERANG - Rumahku adalah surgaku. Tapi, sebelum memilikinya, siapapun tentu perlu berlelah hati mencari lokasi yang tepat sembari mengumpulkan uang cicilan.

Ribuan orang memadati gedung olahraga (GOR) Dimyati di Kota Tangerang. Mereka duduk teratur memasangkan warna kupon sesuai dengan warna kursi. Ada yang pakai kemeja, sekadar pakai kaos santai, ada pula yang sendirian maupun yang membawa beberapa anggota keluarga. Merekalah para debitur rumah murah yang difasilitasi PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. “Saya tahu dari internet dan akhirnya cari-cari rumah yang harganya cocok,” ucap Vindra, seorang debitur saat menunggu giliran teken akad kredit.

Dia adalah satu dari seribu debitur rumah murah yang hadir di GOR Dimyati, beberapa waktu lalu. Sekarang Vindra bisa membangun suasana surga di rumahnya sendiri di kawasan Parung. Dia termasuk satu dari sejuta rakyat yang kepemilikan rumahnya dibantu pemerintah.

Ya, percepatan akad kredit seribu rumah murah yang digagas Bank BTN bagian dari dukungan terhadap program nasional sejuta rumah untuk rakyat. Yang dilakukan BTN Kantor Cabang Tangerang ini diklaim sebagai proyek percontohan agar diikuti daerah lain yang pasar rumah murahnya lebih potensial.

Vindra mengaku yang dilakukan pertama-tama dalam memilih rumah murah adalah cari lokasi. Dia enggan mencari hunian yang terlampau jauh dari tempat tinggal sekarang bersama orang tua di Ciseeng. “Setelah cari lokasi baru ke kantor pengembangnya, setelah pas baru lanjut,” ucap dia.

Sejauh ini, Vindra mengaku tidak merasa kecewa atas kondisi rumah yang dibeli. Bagaimanapun dengan harga Rp120 jutaan tidak bisa memancang ekspektasi terlampau tinggi. Vindra sendiri mengaku harga dan spesifikasi bangunan cukup sesuai.

Pada akhirnya para  developer memang dapat melego hunian tapak yang dibangunnya dan BTN bisa melancarkan kredit pemilikan rumah (KPR). Tapi, jangan dikira ini tanpa hambatan. Masalahnya klasik, birokrasi perizinan Pemerintah Kabupaten Tangerang yang berbelit dan lambat.

SPORT
Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Selasa, 26 Maret 2024 | 14:31

Pekan ke-30 BRI Liga 1 musim 2023/2024 akan menyajikan pertandingan antara dua tim yang sama-sama bermarkas di Tangerang, yakni Persita melawan Dewa United.

BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

KOTA TANGERANG
Warga Babakan Tangerang Digegerkan Penemuan Mayat Mengambang di Sungai Cisadane

Warga Babakan Tangerang Digegerkan Penemuan Mayat Mengambang di Sungai Cisadane

Kamis, 28 Maret 2024 | 21:01

Mayat berjenis kelamin Laki-laki tanpa identitas ditemukan di Sungai Cisadane, Kelurahan babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Kamis 28 Maret 2024, pagi.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill