Connect With Us

Pelayanan Satu Hari Jadi, Disdukcapil Tangerang 'Diserbu' Warga

Advertorial | Senin, 25 Mei 2015 | 16:19

Pelayanan Satu Hari Jadi. (Rangga A Zulianzyah / TangerangNews)

 

TANGERANG-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang membuka pelayanan satu hari jadi di Festival Cisadane, Jalan Benteng Jaya, Kecamatan Tangerang. Pelayanan yang dibuka di tiga stand dan dua mobil keliling tersebut pun banyak diminati warga yang ingin mengurus dokumen kependudukan.

 

Kepala Disdukcapil Kota Tangerang Erlan Sutarlan mengatakan, pelayanan satu hari jadi ini dibuka selama 10 hari mulai 23-30 Mei 2015 selama Festival Cisadane berlangsung. Adapun layanan satu hari yang dibuka adalah pembuatan akte kelahiran, kartu keluarga (KK), dan KTP elektronik.

 

"Pelayanan pendaftarannya dibuka mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB," jelasnya, Senin (25/5).

 

Menurut Erlan, Disdukcapil menargetkan pelayanan untuk 200 pengunjung setiap harinya.  Sehingga pihaknya telah mempersiapkan banyak berkas seperti formulir pendaftaran, blanko, kutipan akta dan lain-lain.  "Berkas sudah disiapan banyak, jadi dijamin tidak akan habis," katanya.

 

Kepala Bidang Pencatatan Sipil di Disdukcapil Kota Tangerang Emma Rahmawati menyatakan, bahwa pembuatan Akta Kelahiran, KK dan KTP Elektronik bisa selesai satu hari jadi selama persyaratan lengkap. Pihaknya juga mengutamakan warga yang tidak membawa surat kuasa.

 

"Kalau lengkap, kita usahakan selesai hari itu juga. Kalau yang bawa surat kuasa lebih baik langsung ke kantor Disdukcapil saja," paparnya.

 

Emma menambahkan, pihaknya juga siap melayani menerima berkas seperti Akte Perceraian dan Akte Kematian. Namun tidak bisa satu hari jadi, seperti halnya Akta, KK dan KTP Elektronik. 

 

"Di stan ini semua berkas terkait catatan sipil kita terima dan layani," ujarnya.Sedangkan sebagai langkah antisipasi terjadinyaantrian panjang selama  Pelayanan Satu Hari Jadi, pihaknya menggunakan sistem nomor antrian.

 

Selain itu juga menempatkan 35 orang petugas pencatatan sipil yang bertugas selama dua shift. "Kami menyiapkan nomor antrean sebagai bentuk pelayanan kita kepada pengunjung di Festival Cisadane 2015 ini. Sehingga tinggal menunggu nomornya dipanggil saja," ujarnya.

 

Salah satu warga Karawaci, Tama, mengaku senang dengan adanya layanan satu hari jadi yang dibuka Disdukcapil Kota Tangerang. Layanan ini mempermudah dirinya membuat KTP elektronik sambil mengunjungi Festival Cisadane 2015.

 

"Sambil jalan-jalan, bisa sekalian bikin KTP, jadi gampang. Ini program yang bagus," ungkapnya.(ADV)

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

KAB. TANGERANG
Sekda Tangerang Minta Guru Tingkatkan Kualitas Pendidikan 

Sekda Tangerang Minta Guru Tingkatkan Kualitas Pendidikan 

Selasa, 23 April 2024 | 20:18

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid mengajak guru-guru dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Pergerakan Guru Madrasah Indonesia (PGMI) di Kecamatan Pagedangan

TANGSEL
Usai Didemo Warga, BRIN Kembali Buka Jalan Raya Puspitek

Usai Didemo Warga, BRIN Kembali Buka Jalan Raya Puspitek

Selasa, 23 April 2024 | 15:22

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) kabulkan tuntutan warga mengenai pembatalan penutupan Jalan Ray Puspitek yang menghubungkan kawasan Muncul, Kecamatan Setu, Kota Tangsel dengan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill