Connect With Us

Ada Enam Pulau Baru di Banten

Sumber ROL | Rabu, 24 Juni 2015 | 03:26

Ilustrasi Pulau (Istimewa / TangerangNews)


SERANG-Pemerintah Provinsi Banten kembali menemukan enam pulau baru, yang belum masuk ke dalam pendataan kepulauan di Provinsi Banten. Penemuan tersebut berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kabupaten Lebak dan Pandeglang selama 10 hari, yaitu tanggal 1 hingga 10 Juni.

Enam pulau tersebut adalah, Pulau Karang Masjid, Pulau Kalong, Pulau Panggarangan, Pulau Reungit, Pulau Karang Songsong dan Pulau Batu Goong. Keenam pulau ini ditemukan di Kabupaten Lebak dan Pandegelang.

Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Banten Siti Ma'ani Nina mengatakan, berdasarkan definisi pulau menurut Permendagri tahun 2013 di dalam Pedoman Teknis Inventarisasi dan Verifikasi Nama rupa Bumi Unsur Alami, pulau adalah daratan atau bantuan yang terbentuk secara alami yang di kelilingi air dan berada di atas permukaan air pada saat air pasang.

“Berdasarkan devinisi tersebut, maka enam pulau yang baru ditemukan masuk ke dalam kordinat Provinsi Banten,” katanya, Selasa (23/6)
 
Berdasarkan data awal, lanjut Nina, pulau yang berada di Kabupaten Lebak hanya terdapat 7 pulau, dan Kabupaten Pandeglang terdapat 34 pulau. Namun, pada saat tim melakukan observasi, kata Nina, di Kabupaten Pandeglang tepatnya di dekat Pulau Handeuleung, tim menemukan Pulau Kalong, Pulau Panggarangan dan Pulau Reungit.

 “Ketiga pulau tersebut memiliki fisik tumbuhan dan bervergetasi (tanaman), dengan kondisi tanpa penghuni,” kata Nina menjelaskan.
 
Kemudian, lanjutnya, tim observasi kembali melakukan pendataa di Pulau Panaitan, Kabupaten Pandeglang, tim kembali menemukan Pulau Karang Masjid yang bentuk fisiknya tidak ada penghuni dan berbentuk dua karang berdampingan.

TagsHiburan
SPORT
Diikuti 36 Provinsi, Kota Tangerang Siap Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Gateball pada 26-28 April 2024

Diikuti 36 Provinsi, Kota Tangerang Siap Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Gateball pada 26-28 April 2024

Kamis, 25 April 2024 | 21:09

Kota Tangerang kembali didapuk sebagai tuan rumah perhelatan olahraga tingkat nasional. Kali ini adalah Kejuaraan Gateball 2024 yang digelar selama tiga hari yakni tanggal 26-28 April 2024, di Alun-alun Ahmad Yani, Kota Tangerang.

BANTEN
PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

Selasa, 23 April 2024 | 11:21

Sebanyak 1.200 transaksi terjadi di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) selama masa mudik Lebaran 2024, terhitung mulai 3 hingga 19 April 2024.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

NASIONAL
Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Kamis, 25 April 2024 | 18:19

Tindak kejahatan dengan modus penipuan kian marak terjadi, salah satunya ialah mengaku sebagai petugas PLN.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill