Connect With Us

Wali Kota Pastikan Tak Ada Vaksin Palsu di Tangerang

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 30 Juni 2016 | 16:10

Rumah yang dijadikan tempat peredaran vaksin palsu. (@TangerangNews.com 2016 / Raden Bagus Irawan)

TANGERANGNews.com-Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah dan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, pastikan tidak ada vaksin palsu beredar di wilayahnya. Keduanya mengaku sudah melakukan sidak ke RSUD, puskesmas, posyandu, hingga beberapa rumah sakit di wilayahnya.

 

"Sejak kabar tersebut beredar, Dinas Kesehatan dan BPOM langsung sidak ke RSUD, Puskesmas, Posyandu, sampai ke rumah sakit swasta, semuanya negatif dari peredaran vaksin palsu," tutur Arief R Wismansyah, Kamis (30/6/2016).

 

Dia mengaku, baik RSUD, Puskesmas dan Posyandu yang berada pada kewenangan pemerintahan, pengadaan obat-obatan termasuk vaksin berasal dari hasil lelang. Jadi tidak mungkin vaksin palsu yang diproduksi satu orang, lalu dipasarkan oleh seorang juga dengan cara door to door, beredar di rumah sakit plat merah ataupun rumah sakit besar.

 

"Kalau rumah sakit umum, puskesmas sampai ke posyandu pengadaan obat dan vaksinnya langsung dengan cara lelang. Dan itu semua pakai Biofarma, tidak mungkin ada yang palsu," kata Arief.

 

Dan permasalahannya sekarang, lanjutnya, semenjak kabar mengenai vaksin palsu tersebut beredar, bangak kaum ibu yang enggan memvaksin anaknya. "Misalnya sudah masuk jadwalnya, mereka malah enggak mau, karena takut vaksinnya palsu," kata Arief.

 

Hal serupa juga terjadi di Kota Tangsel, setelah memastikan tak ada vaksin palsu yang beredar di wilayahnya, selanjutnya dia meminta kader posyandunya untuk semakin gencar mensosialisasikan pentingnya membawa balita untuk divaksin.

 

"Kita punya lebih dari 5 ribu kader Posyandu, kalau lihat dari karakter kader yang ulet, saya yakin masalah ini tidaklah jadi besar dan berlarut-larut," kata Airin, saat ditemui di Serpong, Kamis (30/6/2016).

 

Dia pun mengingatkan kaum ibu, bila memang tidak yakin dengan vaksin yang  sudah diberikan kepada anaknya, silahkan memvaksin ulang ke RSUD, Posyandu, ataupun Puskesmas terdekat. "Silahkan memvaksin ulang, saya juga lakukan itu pada kedua anak saya. Tapi bukan karena vaksin palsu ya, memang untuk meningkatkan daya imun anak," ujarnya.

 

TANGSEL
Waroeng Lengkong Tangsel Gelar Pameran UMKM dan Berbagai Lomba Seni Budaya

Waroeng Lengkong Tangsel Gelar Pameran UMKM dan Berbagai Lomba Seni Budaya

Kamis, 25 April 2024 | 01:54

Waroeng Lengkong, wadah para pelaku UMKM di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bakal menggelar pameran produk lokal dan berbagai lomba seni budaya.

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

HIBURAN
Diduga Narkoba, Chandrika Chika 'Papi Chulo' Ditangkap Polisi 

Diduga Narkoba, Chandrika Chika 'Papi Chulo' Ditangkap Polisi 

Rabu, 24 April 2024 | 07:56

Selebgram dan Tiktoker cantik yang sempat viral lewat joget Papi Chulo, Chandrika Chika diamankan polisi usai diduga terlibat penyalahgunaan narkoba.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill