TangerangNews.com

Siapa yang bayar pinjaman Persikota ke PDAM?

Dira Derby | Sabtu, 23 November 2013 | 18:40 | Dibaca : 1377


Ilustrasi Uang (Dens Bagoes Irawan / TangerangNews)



TANGERANG-Dirut PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang Ahmad Marju Kodri (AMK) sudah berkicau di balik jeruji besi. Tetapi, dirinya seakan telah meminta agar penyidik Polres Metro Tangerang, Kejaksaan Negeri Tangerang  dan berbagai elemen masyarakat seperti aktifis dan  LSM untuk mencari tahu siapa yang membayar uang pinjaman Persikota Rp7 miliar kepada PDAM.

Ya, dirinya seakan seperti ingin membuka tabir, tetapi  apakah dia bisa sendirian membuka tabir tersebut? Dalam pernyataannya beberapa waktu lalu saat ditemui wartawan di rutan Polres Metro Tangerang, AMK mempertanyakan hal tersebut.

“Kalau dibilang sudah dibayar, ya memang benar sudah dibayar. Tetapi siapa yang membayar? siapa yang memerintahkan membayar?  dan uangnya dari mana? Mana mungkin Persikota bisa membayarnya. Makanya coba audit Persikota,” katanya.

AMK bahkan menyatakan tidak akan jika sampai Ketua Persikota saat itu, yakni Wahidin Haim telah membayar uang pinjaman tersebut dari koceknya sendiri. “Enggak mungkin, mana mau dia bayar pakai duitnya sendiri,” ujarnya.

Seperti diketahui sebelumnya, kasus pinjaman dana tersebut sebelumnya dilaporkan LSM Kebijakan Publik ke Polres Metro Tangerang oleh Direkturnya langsung Ibnu Jandi. “Iya benar itu dulu saya,” kata Jandi yang ditemui seusai acara penahanan AMK yang digelar jumpa persnya di Aula Polres Metro Tangerang dengan penjelasan langsung oleh Kasat Reskrim Polres Metro Tangerang AKBP Sutarmo beberapa waktu lalu.  

Bahkan Jandi saat sempat ditanya kenapa kasus itu tak lebih dulu diselidiki? Ibnu Jandi menjawab. “Ya itu kalau menyangkut dengan  penguasa,” katanya.

Menurut AMK, dana pinjaman tersebut mencapai Rp7 miliar. Rp6,5 miliar dipinjamkan kepada Persikota yang saat itu Ketua Umumnya adalah Wahidin Halim sekaligus Wali Kota dan pemilik PDAM. Sedangkan Rp500 juta untuk PSSI.