TangerangNews.com

RSUD Tangerang Pinjam Obat

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 24 Februari 2014 | 18:05 | Dibaca : 1868


Tempat pendaftaran pasien rawat jalan RSUD Kota Tangerang ( / Rangga)



 
TANGERANG-Meski sudah di buka, RSUD Kota Tangerang belum bisa melayani rawat inap lantaran kendala proses lelang obat-obatan yang belum selesai.

Guna mengatasi hal tersebut, RSUD bekerja sama dengan Bank Jabar untuk bisa meminjam obat kepada perusahan farmasi.
 
Dirut RSUD Kota Tangerang dr Ati Pramudji menjelaskan, proses lelang obat-obatan sempat gagal pada tahun 2013, sehingga kembali dilakukan awal 2014.
Proses lelang tersebut memakan waktu sekitar tiga bulan. “Jika menunggu lelang akan sangat lama. Layanan rawat inap sudah dibutuhkan masyarakat,” ujarnya.
 
Untuk itu, kata Ati, solusinya adalah dengan meminjam obat dari perusahaan swasta dengan terlebih dahulu membentuk RSUD menjadi Badan Layanan Umum (BLU).  Menurut Ati, dengan BLU, RSUD memiliki kewenangan yang fleksibel.
 
“Ketentuannya, RSUD yang sudah jadi BLU bisa meminjam uang kepada swasta, tapi kita meminjam dalam bentuk obat. Kita sudah bekerja sama dengan Bank Jabar untuk mencarikan perusahaan yang bisa meminjamkan obat tanpa jaminan,” ujarnya.
 
Dijelaskan Ati, kebutuhan obat untuk RSUD Kota Tangerang selama satu tahun sekitar Rp50 miliar. Namun, dia hanya meminjam obat sampai proses lelang selesai.
“Kita pinjam obat hanya beberapa bulan. Sisanya akan diteruskan dari hasil lelang,” paparnya.