TangerangNews.com

Pemkot Tangerang Tagih Janji Kementerian PU

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 14 April 2014 | 12:45 | Dibaca : 1138


Aksi Arief Tangani Banjir (Dens Bagoes Irawan / TangerangNews)


TANGERANG-Pemerintah Kota Tangerang menagih janji Kementerian Pekerjaan Umum (PU) untuk merealisasikan bypass (sodetan) Kali Sabi ke Sungai Cisadane untuk mengatasi banjir di wilayah Kota dan Kabupaten Tangerang. Saat ini, rencana tersebut tengah dikaji ulang Kementerian PU.

"Katanya sedang dikaji, karena ada dua alternatif, yang pertama lewat Palem Semi (kota tangerang) dan Bencongan (kabupaten tangerang). Kalau di wilayah kota sudah siap. Tinggal wilayah kabupatennya, itu tugas mereka (Kementerian PU)," kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, hari ini.

Sementara alternatif kedua, kata Arief, yakni lewat Lippo Karawaci. Namun harus membuat crossing lewat bawah Jasa Marga. "Jadi ini yang dikaji ulang, untuk mencari alternatif yang paling tepat," ujar Arief.

Untuk itu, rencana bypass tersebut belum mendapat keputusan final dari Kementerian PU. Namun menurut Arief, rencana tersebut harus diterima karena merupakan satu-satunya solusi mengurangi banjir di wilayah Karawaci, Kota Tangerang dan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang.

"Memang belum final, tapi kita akan dorong supaya ada proses penanganan seperti di Sungai Ciararab. Ternyata ada solusinya, dengan membangun bangun tanggul model folder, lalu air dipompanisasi ke Situ Cangkringan, kemudian akan dialihkan ke saluran irigasi yang salurannya menuju Sungai Cisadane," terangnya.