TangerangNews.com

Buat stok pesta tahun baru, WN Rusia Bawa 13 Kg Sabu

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 17 Desember 2014 | 16:32 | Dibaca : 1129


Petugas Bea dan Cukai berhasil menggagalkan pengiriman sabu untuk stok tahun baru 2015. (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)


TANGERANG-Petugas Kantor Bea Cukai Bandara Internasional Soekarno-Hatta menggagalkan empat penyelundupan sabu dari luar Hongkong. Barang bukti yang berhasil diamankan dari empat kasus yang terungkap itu sebanyak 13,1 Kg.
Adapun tersangka yang diamankan satu diantaranya warga negara Rusia berinisial VG, 70, dan dua warga Taiwan berinsial CY, 62, dan LM, 51.

Kepala Kantor Bea Cukai Bandara Internasional Soekarno-Hatta Okto Irianto mengatakan, kasus tersebut terjadi selama kurun waktu 14 November hingga 8 Desember 2014. Modus digunakan para tersangka tergolong modus lama.

"Pada tiga kasus, barang bukti dibawa tersangka dengam disembunyikan dalam tas koper, gulungan tirai dan body strap. Sementara satu kasus dikirim melalu jasa paket kiriman yang disembunyikan dalam cartridge printer," katanya, Rabu (17/12).

Menurut Okto, seluruh barang bukti itu diselundupkan dari Hongkong dengan tujuan Jakarta, sehingga ada kemungkinan dilakukan oleh jaringan narkotika internasional yang sama. Dia juga menduga narkoba tersebut merupakan stok untuk pesta tahun baru.

"Kemungkinan ini akan dikonsumsi saat tahun baru, karena pengiriman dilakukan menjelang akhir tahun. Total 13,1 Kg sabu ini memiliki nilai estimasi Rp17,7 miliar," ujarnya.

Untuk itu, kata Okto, pihaknya langsung memperketat penjagaan di mesin X-Ray terminal penumpang maupun kargo dengan menyiagakan personil yang ada.

 "Kita tidak menambah personil, hanya memperketat saja. Jumlah personil sekitar 70 hingga100 orang," katanya