TangerangNews.com

Ribuan Ton Sampah Tangerang Sulit Terangkut karena Banjir

| Minggu, 15 Februari 2015 | 18:38 | Dibaca : 1235


Wali Kota Tangerang ARW melakukan Sidak Sampah Lebaran. (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)



TANGERANG-Banjir yang terjadi di sejumlah wilayah Kota Tangerang menutup akses jalan raya hingga hingga menghambat pengangkutan sampah. Diperkirakan ada ribuan ton sampah yang tidak terangkut selama banjir.

 Sekretaris Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Tangerang Sugiharto Ahmad Bagja mengatakan, untuk wilayah Barat seperti Perumahan Total Persada dan Periuk Jaya yang banjirnya mencapai 2 meter. Hingga kini belum bisa dilakukan pengangkutan sampah.

“Armada kita belum bisa lewat jalan yang masih terendam banjir,” katanya, Jumat (13/2).

 Namun, untuk di wilayah Timur seperti Ciledug Indah, pengangkutan sudah dilakukan, meski sempat tertahan selama satu hari akibat banjir yang merendam Jalan Raya KH Hasyim Ashari.

 

“Kemarin sempat membuat pengangkutan sampah terhenti, tapi setelah surut langsung kita angkut. Sekarang sudah beres,” kata, Jumat (13/2).

 Pihaknya sendiri sudah membentuk tim pengangkutan sampah saat terjadi banjir. Mereka sudah terbiasa menghadapi kondisi tersebut. “Mereka sudah mengerti apa yang harus dilakukan saat banjir. Seperti sampah yang mengalir di air banjir, itu tetap diangkut,” katanya.

 

Untuk diketahui, sampah yang dihasilkan masyarakat kota Tangerang sebanyak 1.000 ton per hari-nya. Sementara untuk pengangkutan, DKP mengoperasaikan 165 armada truk sampah.