TangerangNews.com

Menteri Jonan : Mudiknya kan Pakai Pesawat Bukan Terminal

Denny Bagus Irawan | Jumat, 24 Juni 2016 | 14:00 | Dibaca : 3133


Menteri Perhubungan Ignasius Jonan. (@TangerangNews.com 2016 / Raden Bagus Irawan)


TANGERANGNews.com-Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan melakukan inspeksi ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (24/6/2016). Dalam inspeksi tersebut, Jonan sempat ditanya wartawan mengenai belum beroperasinya Terminal 3 Ultimate.

“Itu semua tergantung operatornya, tapi saya enggak mau secara parsial beroperasinya,” ujar Jonan. Selain itu dia mengutarakan, tidak beroperasinya Terminal 3 Ultimate dalam waktu dekat ini, tidak mempengaruhi kegiatan mudik di Bandara Soekarno-Hatta.

“Mudiknya kan pakai pesawat, bukan pakai terminal,”tutur Jonan.  

Adapun hasil inspeksi menurut dia, bahwa pemeriksaan penumpang maupun kawasan terminal kargo Bandara Soekarno-Hatta masih belum konsisten. Menurut Jonan, proses pemeriksaan penumpang maupun kargo belum sesuai prosedur, atau tetap mengikuti standar yang diberlakukan.

"Ini jadi catatan penting untuk Bandara Soekarno-Hatta. Pemeriksaan penumpang maupun kargo harus sesuai dengan aturan. Selama ini naik turun, " kata Jonan.

Menurut Jonan, tidak konsistennya pemeriksaan keamanan di Bandara Soekarno-Hatta sudah mendapat komplain dari sejumlah negara. "Pemeriksaan penumpang dan kargo Bandara Soekarno-Hatta diprotes oleh negara-negara Uni Eropa. Inggris pun protes soal ketidakkonsistenan pemeriksaan di sini, " kata Jonan.

Untuk persiapan mudik, Jonan mengatakan bahwa pelayanan bandara kali ini sudah lebih baik dibanding tahun lalu. "Tinggal kesigapan petugas saja," katanya.