TangerangNews.com

Disnaker KotaTangerang Dorong SMK Gelar Job Fair

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 5 Agustus 2016 | 16:50 | Dibaca : 1886


Job fair 2015 (Rangga A Zulianzyah / TangerangNews)


TANGERANGNews.com-Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang akan mendorong setiap SMK melaksanakan job fair atau bursa kerja dalam membantu pelajar yang lulus sekolah  agar mendapat pekerjaan.

"Kita ingin tak hanya pemerintah yang menggelar Job Fair atau bursa kerja, tetapi sekolah pun bisa melaksanakannya," ujar Kabid Penempatan dan Perluasan Kerja Disnaker Kota Tangerang Mahdiar, Jumat (5/8/2016).

Menurutnya dari 103 SMK di Kota Tangerang, sembilan diantaranya sudah melaksanakan job fair setiap tahunnya. Manfaatnya pun sangat banyak yakni para pelajar yang akan lulus sekolah bisa langsung diterima kerja.

"Hal ini dikarenakan setiap sekolah telah bekerjasama dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja sesuai dengan keahliannya," jelas Mahdiar.

Misalnya sekolah perhotelan yang menggandeng beberapa hotel di Kota Tangerang maupun di luar daerah. Para pelajar yang telah dilatih dan diberikan keterampilan, siap memasuki dunia kerja dan membantu pemerintah dalam atasi pengangguran.

"Kedepannya, Dinas Ketenagakerjaan akan mendorong agar semua SMK memiliki kegiatan job fair," katanya.

Sementara itu, untuk job fair tingkat Kota Tangerang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu setelah para pelajar lulus. Selanjutnya, akan kembali digelar di tingkat kecamatan.

Mahdiar menegaskan bahwa pada tahun ini akan dilaksanakan di dua lokasi yakni Kecamatan Tangerang dan kecamatan Ciledug.

Dinas Ketenagakerjaan menghimbau kepada lurah dan camat agar aktif memberitahu kepada warganya mengenai adanya kegiatan job fair.

"Begitu pula dengan warga agar bisa ikut dalam kegiatan yang dilaksanakan seperti halnya pelatihan di BLK maupun kewilayahan lainnya," ujarnya