TangerangNews.com

UPK BKM Dituntut Untuk Mandiri Dalam Mengelola Keuangan

Achmad Irfan Fauzi | Senin, 9 Oktober 2017 | 17:00 | Dibaca : 1261


Dinas Permukiman dan Perumahan (Perkim) Kota Tangerang menggelar kegiatan Pelatihan Pengelolaan Keuangan, Senin (9/10/2017). (Istimewa / Istimewa)


TANGERANGNEWS.com - Unit Pengelolaan Kegiatan (UPK) Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) dari tiap Kelurahan se-Kota Tangerang mulai mengikuti kegiatan Pelatihan Pengelolaan Keuangan, Senin (9/10/2017).

Kegiatan tersebut digelar selama 2 hari di Gedung Puspemkot Tangerang, yang diselenggarakan oleh Dinas Permukiman dan Perumahan (Perkim) Kota Tangerang bekerjasama dengan Koordinator Kota (Korkot) Tangerang.

BACA JUGA : Pemkot Tangerang Terus Galakan Sodaqoh Oksigen

Menurut Maryono Hasan, Sekretaris Dinas Perkim Kota Tangerang, tujuan dari pelatihan ini agar para BKM bisa menyampaikan bentuk laporan keuangan dengan softcopy dan tertulis.

"Untuk mereka bisa melaporkan sistem keuangan yang dilaksanakan oleh masing-masing BKM, bentuk pelaporannya ada dua yaitu pelaporan yang disampaikan oleh softcopy dan bisa tertulis," ucapnya.

#GOOGLE_ADS#

Begitupun dengan Sulfuad, Korkot Tangerang menjelaskan, selama dua hari ini para UPK dan BKM diajarkan praktek menyusun laporan keuangan. Karena sekarang banyak program-program masuk di setiap Kelurahan.

"Kita menginginkan BKM itu mandiri tidak tergantung pada pendamping, dengan adanya pelatihan ini diharapkan BKM dapat membuat laporan dengan sendiri sesuai dengan kaidah-kaidah pembukuan yang ada," kata dia.

BACA JUGA : 2017, Pemkot Tangerang Tidak Lagi Menyalurkan Raskin

Sulfuad menambahkan, semuanya sudah merata kaidahnya tetapi untuk kemandirian mereka menyusun nya perlu kita dampingi makanya diadakan pelatihan ini.

"Sehingga nanti manfaatnya adalah bagaimana laporan keuangan yang akan disusun dan dilaporkan itu lebih transparan dan akuntabel," tambahnya(RAZ/HRU)