TangerangNews.com

Sopir Bus di Kota Tangerang Urinenya Diperiksa

| Selasa, 24 Agustus 2010 | 16:31 | Dibaca : 7389


Gatot Suprijanto (tangerangnews / dira)


TANGERANGNEWS-Dinas Perhubungan Kota Tangerang memprediksi jumlah pemudik Kota Tangerang Tahun 2010 mengalami peningkatan signifikan hingga 10 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Diketahui, Tahun 2009 jumlah pemudik Kota Tangerang sebanyak 81.967 orang.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Gatot Suprijanto, hari ini. “Bila menurut kebiasaan dari tahun-tahun sebelumnya, kenaikan jumlah pemudik tahun ini kami perkirakan antara 8 sampai 10 persen dari tahun sebelumnya,” ujar Gatot.

Sedangkan untuk persiapan menghadapi arus mudik, lanjut Gatot, pihaknya telah mempersiapkan sebanyak 213 armada (bus regular) dari 66 trayek yang ada. Sedangkan untuk mengantisipasi terjadinya ledakan penumpang, Dishub juga menyiapkan sebanyak 140 bus regular cadangan.

“Kami sudah berkoordinasi langsung dengan perusahaan-perusahaan angkutan yang ada. Dan, hingga saat ini mereka tetap konsisten menyatakan kesiapannya,” ujar Gatot.

Sementara itu, Sekertaris Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Fatchul Hadi mengatakan, puncak arus mudik Kota Tangerang tahun ini akan terjadi pada H-5 dan berpusat di Terminal Poris Plawad. Untuk itu, lanjut Fatchul Hadi, selain mempersiapkan armada pihaknya juga membentuk sejumlah pos lebaran yang ditempatkan di titik-titik rawan pemudik, khususnya terminal.

“Pos lebaran itu nantinya akan diisi oleh petugas gabungan, dari Dishub dan Dinas Kesehatan. Dan, di pos itu nantinya akan dilakukan pengujian kelayakan terhadap kenderaan serta tes urin terhadap para supir sebelum mengemudikan kenderaan,” ujar Fatchul Hadi.

Pihaknya juga akan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Tangerang untuk melakukan pemeriksaan terhadap sopir. "Kami akan mengecek kendaraan plus sopirnya, kalau kendaraannya layak jalan sopirnya juga kami tes urine guna mengantisipasi sopir yang minum-minuman keras," tandasnya.(dira)