TangerangNews.com

520 Warga Tangsel Terserang DBD

| Kamis, 30 September 2010 | 18:25 | Dibaca : 29158


Nyamuk (istemewa / tangerangnews)


 

TANGERANGNEWS- Penderita Demam Berdarah Dengue di Kota Tangsel selama 2010 berjalan hingga saat ini tercatat sebanyak 520  kasus atau menurun dibandingkan tahun 2009 yang mencapai 800 kasus.

"Kondisi cuaca yang tidak menentu yang terjadi dalam tahun ini menyebabkan jumlah penderita DBD cukup tinggi karena hingga pertengahan tahun ini sudah mencapai 520 kasus atau lebih baik dari tahun 2009 yang mencapai 800 kasus," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel dadang M Epip, hari ini.

Menurut dia, perubahan cuaca yang tidak menentu akhir-akhir ini menyebabkan perkembangan nyamuk penyebab DBD yaitu Aydes Aygepti semakin cepat, dan kondisi kelembaban suhu menyebabkan nyamuk pembawa virus mematikan ini cepat menyebar.

"Perubahan cuaca yang sangat ekstrim memang membawa dampak negatif bagi alam dan sekitarnya dimana perkembangan nyamuk pembawa virus semakin cepat, sehingga jumlah pasien DBD cukup tinggi," katanya.
 Ia mengatakan, beberapa wilayah yang hingga kini masih terdapat jumlah penderita DBD yakni di pondok Aren, Serpong, Ciputat dan Pamulang.

"Sejumlah kecamatan tersebut merupakan wilayah dengan kepadatan penduduk dan mobilitas yang tinggi, sehingga menyebabkan penyakit DBD berpotensi menular satu sama lain. Namun sampai saat ini prosentase hingga menyebabkan kematian 0,5 persen," katanya. (deddy )