TangerangNews.com

Ketahui Penyebab Berat Si Kecil Tak Kunjung Naik

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 20 Desember 2021 | 19:39 | Dibaca : 636


Konsultasi kesehatan terhadap anak kepada Dokter Spesialis Anak RS Sari Asih Cipondoh, dr Nunki Andria SpA. (@TangerangNews / Rangga A Zuliansyah)


TANGERANGNEWS.com-Badan si kecil yang terlihat kurus dibanding anak seusianya seringkali membuat orang tua khawatir. Sebenarnya hal demikian bukan masalah jika dokter menyatakan mereka dalam keadaan sehat. 

Namun, jika beratnya memang di bawah rata-rata, orang tua perlu melakukan beberapa hal agar si kecil lebih berisi.

Dokter Spesialis Anak RS Sari Asih Cipondoh, dr Nunki Andria SpA, menyebutkan banyak faktor penyebab berat badan anak tidak naik, yaitu kurangnya asupan nutrisi dari makanan yang harus dikonsumsi, sehingga kalori yang harusnya dikonsumsi menjadi tidak terpenuhi.

“Adapula si kecil makan banyak, namun berat badan tidak kerap naik. Hal ini bisa dikarenakan nutrisi tidak terserap dengan baik oleh si kecil yang diakibatkan jenis makanan yang tidak sesuai dengan usianya,” ujarnya webinar bersama di chanel youtube Ibu-ibu Canggih, Senin 20 Desember 2021.

Sementara ada juga asupan makannya cukup, serapan nutrisinya baik, tapi masih tidak membuat berat tubuh si kecil naik. Kemungkinan hal ini karena ada penyakit yang diderita oleh si kecil.

#GOOGLE_ADS#

“Tidak semua sakit itu bergejala. Gejala satu-satunya ialah berat badan si kecil tidak naik, keadaan ini perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” ujar dr Nunki.

Salah satu langkah untuk meningkatkan berat badan si kecil dijelaskan dr Nunki ialah dengan memperbaiki faktor utama penyebabnya.

“Jika memang nutrisi yang kurang, maka orang tua harus menambah asupan nutrisi bagi si kecil. Asupan ini bisa berupa ASI yang cukup, makanan berkalori dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Sementara jika asupan makannya cukup tapi nutrisi tidak terserap dengan baik solusinya adalah memperhatikan apakah ada asupan yang tidak disukai oleh si kecil atau menyebabkan alergi.

Makanan yang tidak disukai lantaran menyebabkan alergi tidak boleh dipaksakan untuk si kecil dan sebaiknya dihindari.

“Untuk penyebab ketiga, makannya baik, nutrisnya baik, tapi berat badan tidak naik perlu dipastikan penyebabnya. Apakah ada gangguan infeksi saluran kemih atau lainnya. Hal ini harus diobati terlebih dahulu penyebab gangguannya tersebut,” sebut dr Nunki.

Ia pun menyarankan para orang tua untuk mencari penyebab kenapa berat badan si kecil tidak kunjung naik melalui beberapa kriteria yang telah disebutkan di atas.