TangerangNews.com

Pemkot Tangsel Sebar 750 Titik Wifi Publik Gratis

Rachman Deniansyah | Selasa, 25 Januari 2022 | 23:52 | Dibaca : 561


Tampilan layar ratusan titik layanan wifi secara gratis yang disediakan Dinas Komunikasi, Informatika, dan Informasi (Diskominfo) Kota Tangerang Selatan. (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)


TANGERANGNEWS.com-Untuk memudahkan masyarakatnya mengakses internet, Dinas Komunikasi, Informatika, dan Informasi (Diskominfo) Kota Tangerang Selatan menyediakan layanan wifi secara gratis yang tersebar di hampir seluruh penjuru wilayahnya. 

Layanan internet gratis itu telah dipasang di ratusan fasilitas publik, seperti puskesmas, kantor kelurahan, kecamatan, masjid, balai warga, taman baca, dan lainnya. 

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi, Komunikasi dan Persandian Kominfo Tangsel, Syaiful Bachri mengatakan, pihaknya kini telah memasang sebanyak 750 wifi gratis di ruang publik yang tersebar di seluruh Kecamatan. 

Layanan yang diberikan ini dilakukan guna memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk menjangkau informasi, terutama di dunia maya. "Tahun ini kita menargetkan memasang 875 wifi. Ada penambahan untuk di taman baca, balai warga, tempat ibadah, dan lainnya. Per tahun kemarin sudah tercapai 750 titik," papar Syaiful saat dijumpai di kantornya, Puspemkot Tangsel, Selasa, 25 Januari 2022.

Dalam pemasangannya ini, Diskominfo Tangsel menggandeng pihak Telkom sebagai penyedia jasa provider.  Layanan internet gratis di ruang publik ini memiliki kecepatan yang cukup tinggi. 

#GOOGLE_ADS#

"Untuk ruang publik, kita menyediakan hingga 20 Mbps. Sedangkan untuk kantor OPD, Puskesmas, dan kantor pemerintahan lain itu memili kecepatan 3 Gb dibagi ke seluruh titik," terangnya. 

Syaiful menuturkan, layanan pemasangan internet gratis ini diberikan berdasarkan adanya pengajuan. Masyarakat dapat langsung membuat surat permohonan ke Diskominfo Tangsel. 

"Permohonan dapat langsung diajukan, misalnya dari RT atau RW. Lalu harus foto lokasi yang ingin dipasang, dengan disertakan alasan kepentingan pemasangannya. Misalkan balai warga, untuk tempat aktivitas sosial warga," jelas Syaiful. 

Selanjutnya jika pemasangan sudah dilakukan, masyarakat dapat langsung menikmatinya. Jika ada gangguan, dapat langsung dilaporkan. "Kalau masih bisa kita tangani, tim dari Diskominfo akan langsung terjun. Namun jika gangguannya itu memang kompleks, maka tim provider yang akan turun tangan," ujarnya.