TangerangNews.com

Jangan Bingung, Ini Fakta Kabupaten Tangerang Berusia 390 Tahun

Achmad Irfan Fauzi | Kamis, 13 Oktober 2022 | 12:22 | Dibaca : 1168


Foto Kabupaten Tangerang tempo dulu: Gezicht op kampong Tjikoepa in berglandschap (between 1930 and 1940) (OhBalaraja / @TangerangNews.com)


TANGERANGNEWS.com-Kabupaten Tangerang kini genap berusia 390 tahun pada Kamis, 13 Oktober 2022. Usia yang teramat tua bagi suatu wilayah.

Sebagian masyarakat mungkin kebingungan kenapa usia Kabupaten Tangerang mulai menyentuh empat abad. 

Adapun fakta sejarah Kabupaten Tangerang berusia 390 tahun ditetapkan dalam Perda Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Hari Jadi Kabupaten Tangerang.

Dalam peraturan daerah itu, Hari Jadi Kabupaten Tangerang jatuh pada 13 Oktober, bertepatan saat Sultan Banten memperintahkan tiga bangsawan untuk membuka wilayah baru tersebut.

Pada 13 Oktober tahun 1632, Sultan Banten kala itu memerintahkan kepada tiga arya yakni Arya Wangsakara, Arya Jaya Sentika, dan Arya Maulana Yudhanegara untuk membuka perkampungan baru di antara Sungai Cisadane dan Cidurian-melansir SuaraBanten.

Baca juga: Sejarah Panongan, Wilayah Pengintaian Belanda hingga Hunian Modern

Titah tersebut kemudian dijalankan, hingga terbentuklah Kesultanan Lengkong Sumedang dengan Arya Wangsakara sebagai sultannya dengan nama Sultan Lengkong. 

Wilayah di bawah kekuasaan Aria Wangsakara itu kemudian berkembang pesat hingga memiliki pemerintahan sendiri.  Kemudian wilayah Lengkong Sumedang ini dikenal sebagai wilayah Keariaan Tanggerang. Lama kelamaan, Keariaan Tanggeran berubah lafal menjadi Tangerang.

#GOOGLE_ADS#

Wakil Bupati Tangerang Mad Romli menyampaikan rasa syukurnya yang mendalam, bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Tangerang 13 Oktober 2022, merupakan satu momentum besar bagi segenap masyarakat, karena Kabupaten Tangerang telah genap berusia 390 tahun.

Baca juga: Dibalik Nama Poris Plawad, Ada Sosok Jawara Wanita yang Punya Kesaktian Spiritual

"Ini merupakan suatu perjalanan yang sangat panjang. Mari terus kita isi perjalanan ini dengan berbagai torehan prestasi serta upaya bersama aktif dalam pembangunan, demi mewujudkan Kabupaten Tangerang yang semakin gemilang dan masyarakat kita semakin sejahtera," kata Mad Romli dalam apel peringatan HUT ke-390 Kabupaten Tangerang di Puspemkab Tangerang, Kamis, 13 Oktober 2022.