TangerangNews.com

Agrowisata Bhumi Merapi, Wisata Edukasi Instagramable yang Ramah Keluarga

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 13 Oktober 2022 | 18:18 | Dibaca : 388


Agrowisata Bhumi Merapi di Kecamatan Pakem, Sleman, DI Yogyakarta. (@TangerangNews / Instagram @agrowisatabhumimerapi)


TANGERANGNEWS.com-Jika main ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Anda dapat menemukan banyak wisata yang ramah anak dan dewasa, sehingga semua kelompok usia dapat merasakan sensasi liburan yang menyenangkan.

Salah satu pilihan wisata edukasi sekaligus instagramable yang dapat dikunjungi di sana adalah Agrowisata Bhumi Merapi.

Secara umum, Agrowisata Bhumi Merapi merupakan tempat liburan yang sangat menarik. Area wisatanya dapat mengakomodasi kebutuhan untuk edukasi anak, maupun tempat liburan bagi kaum muda dan dewasa.

Anak-anak dapat merasakan sensasi berdekatan, sekaligus memiliki interaksi dengan hewan-hewan koleksi. Ada banyak aktivitas menarik yang akan membuat anak mendapat hiburan sekaligus ilmu. Sedangkan bagi anak muda, ada banyak sekali spot foto menarik.

Jika Anda liburan bersama keluarga dan teman-teman pada area wisata ini, berikut beberapa rekomendasi kegiatannya:

 

1. Field Trip 

Karena konsepnya sebagai wisata edukasi, maka anak-anak sekolah dapat melakukan field trip. Setiap anak dapat menikmati sensasi belajar langsung dari alam mengenai hewan dan tumbuhan.

Sekolah dapat mengajak para siswanya datang ke sini, karena mayoritas fasilitas liburannya sangat cocok untuk media pembelajaran. Siswa bisa mempelajari bagaimana cara bercocok tanam dengan metode hidroponik sekaligus membeli hasil tanaman tersebut.

 

2. Berinteraksi Langsung dengan Hewan

Para pengunjung, terutama anak-anak bisa menyaksikan sekaligus belajar mengenai pembudidayaan hewan seperti kelinci dan kambing. Anak-anak dapat memerah susu kambing dan mengolahnya menjadi es krim dan yogurt.

Selain itu, anak juga dapat mempelajari cara mengolah makanan hewan serta cara mengolah kotorannya menjadi pupuk. Jika berminat pada kelinci, maka Anda dapat berinteraksi dengan cara memberikan mereka makanan, seperti wortel dan sayuran lainnya.

Tidak hanya itu, wisatawan juga dapat menyaksikan beberapa reptil seperti ular dan kura-kura.

 

3. Melihat Proses Pengolahan Kopi

Bagi orang dewasa yang menggemari kopi, maka rekomendasi ketiga ini sangat pas. Anda dapat menyaksikan langkah-langkah pengolahan kopi luwak sejak awal.

Hal ini tentu menarik, karena kopi luwak terkenal unik dan juga memiliki harga yang terbilang mahal. Selanjutnya, Anda juga dapat membeli hasil olahan kopi luwak tersebut untuk menjadi oleh-oleh.

 

4. Berburu Foto

Saat ini, mengambil foto saat berwisata merupakan salah satu hal wajib. Bagi penggemar fotografi profesional ataupun sekadar untuk mengenang momen, ada banyak sekali lokasi-lokasi foto yang bagus.

Beberapa area yang bagus untuk berfoto antara lain gazebo, pada area bunga-bungaan, serta Rumah Hobbit. Selain itu, juga ada area foto yang berkonsep ala luar negeri seperti. Anda dapat memilih spot Arab Street, lukisan mural, Santorini (Yunani), serta Alpen (Swiss).

Hasil foto Anda akan sangat instagramable untuk menghiasi laman media sosial pribadi. Selain itu, masih ada beberapa kegiatan lain seperti berkemah dan berkeliling area tempat liburan menggunakan kendaraan jeep.

 

Fasilitas Agrowisata Bhumi Merapi

Karena dapat menghabiskan waktu hingga seharian untuk berwisata, maka pihak pengelola menyediakan banyak fasilitas tambahan. Tujuannya agar Anda tetap merasa nyaman dan aman ketika berekreasi.

Untuk kebutuhan parkir, wisatawan tidak perlu khawatir karena area parkir yang luas. Selanjutnya untuk kebutuhan toilet dan mushola juga lengkap bagi orang-orang yang ingin beribadah atau sekadar buang air.

Area camping dan outbound juga mumpuni dan dapat memberikan pengalaman menarik bagi penggemar keduanya. Hal terpenting berupa tempat makan juga tersedia, sehingga Anda tidak akan sulit menemukan restoran. 

 

Harga Tiket dan Alamat Agrowisata Bhumi Merapi

Harga tiket masuk Agrowisata Bhumi Merapi 2022 tergolong terjangkau. Hal ini terasa jika membandingkan dengan beragam fasilitas dan hiburan yang akan Anda dapatkan.

Anda harus membayar sebanyak Rp30 ribu untuk dapat menikmati beragam lokasi dan kegiatan hiburan di sini. Namun, ada beberapa biaya tambahan untuk kegiatan tertentu.

Apabila ingin berfoto dengan rusa atau memberikan makanan langsung, pengunjung akan menambah biaya sekitar Rp5 ribu. Begitu juga jika ingin memberikan makanan kepada kelinci dan burung merpati. Sedangkan untuk satu kali putaran menunggangi kuda, Anda harus menambah biaya Rp20 ribu.

Jika ingin berwisata, Anda dapat datang setiap hari dalam seminggu dengan jam operasionalnya sejak jam 9 pagi hingga 5 sore. Sedangkan alamat Agrowisata Bhumi Merapi berada di Kecamatan Pakem, Sleman, DIY.

Untuk informasi mengenai rute hingga review Anda dapat mengakses AlamatJogja sebagai referensi tambahan.