TangerangNews.com

85% Orang Indonesia adalah Pengendara Motor, Terbanyak Ketiga di Dunia

Fahrul Dwi Putra | Selasa, 7 Maret 2023 | 12:20 | Dibaca : 793


Ilustrasi - Sepeda motor Honda Beat. (@TangerangNews / GridOto)


TANGERANGNEWS.com- Indonesia masuk dalam daftar negara dengan pengendara motor terbanyak di dunia hingga mencapai angka 85 persen.

Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang masih banyak diandalkan terutama di negara-negara berkembang.

Kendaraan roda dua ini dianggap mampu lebih efisien lantaran bentuknya yang kecil lebih gesit dan cepat untuk mencapai tujuan. Terlebih saat terjebak situasi kemacetan seperti yang kerap terjadi di sejumlah wilayah Tangerang.

Baru-baru ini, lembaga nonpartisan Amerika Serikat yang berpusat di Washington D.C, Pusat Penelitian Pew merilis data pengguna sepeda motor terbanyak di dunia.

Hasilnya, Indonesia masuk dalam daftar tersebut dengan angka pengendara motor mencapai 85 persen berada di posisi ketiga di atas Malaysia dan di bawah Vietnam. 

Sementara itu, Thailand yang memang dijuluki sebagai Tanah 100 Juta Skuter menempati posisi teratas dengan total pengendara motor sebanyak 87 persen.

"Tidak mengherankan bahwa Thailand dikenal sebagai 'tanah 100 juta skuter.' Menurut Pusat Penelitian Pew , 87% rumah tangga di negara itu memiliki setidaknya satu sepeda motor," seperti dikutip dari akun Instagram @indonesiabaik.id, Selasa 7 Maret 2023.

Adapun berikut adalah rincian 10 daftar negara-negara di dunia dengan pengendara motor terbanyak versi Pusat Penelitian Pew.

1. Thailand: 87 persen.

2. Vietnam: 86 persen.

3. Indonesia: 85 persen.

4. Malaysia: 83 persen.

5. China: 60 persen.

6. Pakistan: 47 persen.

7. India: 43 persen.

8. Nigeria: 35 persen.

9. Filipina: 32 persen.

10. Brasil: 29 persen.