TangerangNews.com

Keren, SMS Tangerang Gunakan Material Bangunan Hasil Daur Ulang Limbah Plastik dan Gabah Kayu

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 18 April 2023 | 14:19 | Dibaca : 606


Summarecon Mall Serpong (SMS) Tangerang menggunakan Planawood, bahan material bangunan yang ramah lingkungan, Selasa 18 April 2023. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)


TANGERANGNEWS.com-Summarecon Mall Serpong (SMS) Tangerang memanfaatkan material bangunan ramah lingkungan hasil daur ulang plastik dan gabah kayu untuk menghadirkan Sustainability Area.

Berkolaborasi dengan Plana, kepedulian terhadap sustainable living ini menghadirkan dua sustainable area di SMS yaitu di area Hana Pond dan Salsa Food City.

Plana menghadirkan inovasi material terbaru sebagai pengganti kayu, yang diberi nama Planawood. Material ini memiliki bentuk dan tekstur yang menyerupai kayu asli, dan terbuat dari 60% gabah padi, 30% sampah plastik, dan 10% aditif.

"Planawood lebih kuat dan tahan terhadap air, api, dan juga sinar matahari dibanding kayu asli," kata Co-Founder Plana Juan A. Chandra, Selasa 18 April 2023.

Menurutnya, Plana memiliki tujuan untuk menyelamatkan bumi dengan menghadirkan sebuah produk sustainable yang dapat menjadi substitusi utama untuk kayu natural.

"Kami ingin dengan adanya kolaborasi ini, semakin banyak masyarakat yang terdampak dan memiliki keinginan yang kuat akan gaya hidup berkelanjutan," ujarnya.

Dua area dengan luas 300 meter persegi ini, telah telah berhasil menyelamatkan 533 pohon, 720 kg sampah plastik, dan  memanfaatkan 1.440 kg gabah padi.

Tommy, Center Director SMS mengatakan, sejalan dengan konsep keberlanjutan yang diusung oleh Plana, SMS kemudian memiliki inisiatif untuk menjalin satu kolaborasi untuk menghadirkan area dengan sustainable value tersebut.

"Dengan adanya kolaborasi ini, SMS dan Plana berharap bisa menyebarkan value keberlanjutan ke semua lapisan masyarakat dan penggunaan daur ulang bisa semakin digencarkan,” jelasnya.