TangerangNews.com

Dokter Tangerang Ingatkan Jangan Diagnosa Diri Sendiri Soal Kesehatan Mental

Fahrul Dwi Putra | Senin, 11 September 2023 | 15:52 | Dibaca : 578


Ilustrasi remaja depresi (@TangerangNews / Istimewa)


TANGERANGNEWS.com- Kesehatan mental merupakan gangguan kesehatan yang berkaitan dengan psikis manusia, di antaranya depresi, kecemasan berlebihan, halusinasi, hingga kecenderungan untuk menyakiti diri sendiri atau percobaan bunuh diri.

Isu kesehatan mental pun saat ini menjadi salah satu perhatian, khususnya generasi muda. Namun, sayangnya mereka kerap mendiagnosa dirinya sendiri hanya dengan membaca melalui internet atau media sosial.

Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang, dr. O.U. Taty Damayanti mengatakan, masyarakat disarankan tidak mendiagnosa diri sendiri perihal kesehatan mental tanpa ada pendampingan dari tenaga ahli.

"Jangan sampai mendiagnosa diri sendiri dengan gangguan kesehatan mental tertentu setelah hanya membaca dari internet. Segera datangi atau cari bantuan dari profesional yang memang ahlinya," ujarnya pada Senin, 11 September 2023.

Dokter O.U. Taty menyebut masyarakat tidak perlu ragu atau takut untuk memeriksakan kesehatan mentalnya kepada tenaga kesehatan profesional yang ada di RSUD Kota Tangerang.

"Di RSUD Kota Tangerang, kami memiliki dokter spesialis kejiwaan atau psikiater yang siap membantu mengatasi kesehatan mental masyarakat Kota Tangerang," jelasnya.

Dia menyatakan, RSUD Kota Tangerang memiliki layanan Poli Jiwa dengan fasilitas cukup lengkap untuk menangani dan memeriksa masyarakat yang memiliki gangguan kesehatan mental.

Harapannya, masyarakat dapat lebih peduli terhadap kesehatan mental baik diri sendiri, keluarga, maupun kerabat terdekat lainnya. Menurutnya, kesehatan psikis tak kalah penting dengan kesehatan fisik.

"Kami tentu berharap, masyarakat dapat lebih memperhatikan kesehatan mental. Baik kesehatan fisik dan mental sama pentingnya," pungkasnya.