TangerangNews.com

TPA Rawa Kucing Tangerang Sudah Normal, Status Darurat Bencana Dicabut

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 2 November 2023 | 01:04 | Dibaca : 333


Kondisi terakhir TPA Rawa Kucing Kota Tangerang pasca kebakaran hebat, Rabu 1 November 2023. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)


TANGERANGNEWS.com-Kebakaran TPA Rawa Kucing, Neglasari, Kota Tangerang sudah terkendali dan berangsur normal di hari ke 13.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang Maryono Hasan mengatakan pihaknya telah melakukan evaluasi dari sejak pemadaman hingga pendinginan.

Hari ini, pihaknya pun melakukan kajian cepat untuk pemberhentian status darurat bencana menjadi status normal.

"Hasil kajian ini kami laporkan ke Wali Kota dan Wakil Wali kota Tangerang pukul 15.00 WIB," katanya, Rabu 1 November 2023.

Setelah status bencana dicabut, langkah BPBD selanjutnya akan melakukan pengawasan TPA Rawa Kucing selama 7 hari kedepan, sehingga jika ada indikasi kebakaran bisa segera tertangani dengan maksimal.

"Kalau kondisi hari ke 13 ini, sudah 95 persen tertangani. Tinggal menangani asap-asap yang masih muncul, meski asapnya sudah tidak terlalu pekat," ujar Maryono.

Kedepannya, BPBD juga merekomenasikan adanya hidrant dan jalur evakuasi serta pemadaman api di TPA Rawa Kucing untuk mencegah kebakaran meluas seperti sebelumnya.

Sementara terkait para pengungsi, kata Maryono, hal itu menjadi ranah dinas sosial.

"Pimpinan (wali kota) sudah menawarkan bagi yang rumahnya terbakar pindah sementara ke rusun," terangnya.