TangerangNews.com

Bebani Anggaran, 1.200 Kendaraan Dinas Tangsel Dijual Secara Lelang

Fahrul Dwi Putra | Selasa, 28 November 2023 | 16:48 | Dibaca : 412


Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie saat memberikan sambutan dalam sosialisasi Penjualan Barang Milik Daerah (BMD) melalui lelang di Nite & Day Alam Sutera, Serpong Utara, Senin, 27 November 2023. (@TangerangNews / Istimewa )


TANGERANGNEWS.com- Barang Milik Daerah (BMD) berupa kendaraan dinas milik pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) direncanakan akan dijual melalui mekanisme lelang.

Sekretaris Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Billy mengatakan, kendaraan dinas yang akan dilelang berjumlah sebanyak 1.200 dengan dilakukan secara bertahap.

Dijelaskan Billy, lelang dilakukan melalui berbagai pertimbangan, antara lain efektivitas pengelolaan Barang Milik Daerah.

Kendaraan ini telah habis umur ekonomisnya, dan karena telah habis umur ekonomisnya jadi membebani biaya Pemerintah Kota Tangerang Selatan," katanya.

Sementara itu, lelangWali Kota Tangsel Benyamin Davnie menyampaikan, proses tahapan lelang kendaraan dinas tersebut harus berjalan dengan mematuhi dan berdasarkan pada peraturan perundang-undangan.

Menurut Benyamin, hal ini penting untuk menghindari adanya permasalahan hukum ke depannya. Terlebih, lelang ini merupakan kali pertama dilakukan oleh Pemkot Tangsel.

Ke depan bisa kita lakukan misal roda dua, barang elektronik, inventaris gitu. Karena teknologi elektronik itu cepat sekali berkembang," ujar Benyamin dalam sosialisasi Penjualan Barang Milik Daerah (BMD) melalui lelang di Nite & Day Alam Sutera, Serpong Utara, Senin, 27 November 2023.

Benyamin berharap, kegiatan lelang tersebut dapat berdampak pada neraca aset Kota Tangsel, sehingga tidak ada lagi beban negara terhadap aset tersebut.

Dalam kesempatan itu, Benyamin juga meminta laporan yang didapat untuk kas daerah usai terselenggaranya lelang kendaraan dinas.

"Semuanya terkait penggunaan uang negara, jadi dibedakan antara penghapusan, hibah barang, pelelangan yang hari ini kita lakukan sosialisasi," tegasnya.