TangerangNews.com

Musim Hujan, Banjir Rob Ancam Kosambi dan Teluknaga Tangerang

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 20 Desember 2023 | 21:22 | Dibaca : 343


Banjir rob yang diakibatkan pasang air laut di Kecamatan Kosambi dan Teluknaga, Kabupaten Tangerang. (@TangerangNews / BPBD Kabupaten Tangerang)


TANGERANGNEWS.com-Memasuki fase pergantian musim atau pancaroba dari musim kemarau ke musim hujan, sejumla wilayah di Kabupaten Tangerang berpotensi terdampak bencana.

Salah satu bencana yang mengancam yakni banjir rob di kawasan pesisir seperti Kecamatan Kosambi dan Teluknaga.

Kepala BPBD Kabupaten Tangerang Ujat Sudrajat menjelaskan potensi bencana di dua daerah tersebut dilihat dari aliran Sungai Cisadane dan banjir rob yang disebabkan dari berbagai macam faktor, seperti hujan deras volume air laut yang tinggi.

"Maka dari itu kami harus antisipasi lebih untuk ke daerah yang berpotensi tinggi,” jelasnya saat menggelar Apel Siaga Bencana di Lapangan Raden Arya Yudha Negara Puspemkab Tangerang, Selasa 19 Desember 2023.

BPBD Kabupaten Tangerang telah menyiagakan sebanyak 80 personel di 12 pos, guna menanggulangi ancaman bencana banjir. 

Selain itu, setiap hari BPBD menyiapkan personel serta peralatan dan perangkat rescue mulai dari perahu, mesin potong untuk pohon tumbang dan alat-alat selam.

"Kemudian sembako dan tempat pengungsian ketika terjadi bencana juga sudah disiapkan,” ungkap Ujat.

Ujat pun berharap pemerintah dan masyarakat bisa berkolaborasi dan saling koordinasi, dengan begitu bencana bisa dicegah.

“Saya berharap kita bisa meningkatkan kewaspadaan masyarakat untuk tetap menjaga lingkungannya seperti gotong royong dalam membersihkan saluran air dan menebang pohon yang bisa membahayakan,” harapnya.