TangerangNews.com

Kota Tangerang Hasilkan 1.300 Ton Sampah Per Hari, Pj Wali Kota Bilang Begini

Fahrul Dwi Putra | Senin, 4 Maret 2024 | 10:39 | Dibaca : 215


Pj Wali Kota Tangerang Nurdin meninjau Material Recovery Facility atau Tempat Pengolahan Sampah di Kecamatan Benda, Kota Tangerang, Sabtu, 2 Maret 2024. (@TangerangNews / Istimewa )


TANGERANGNEWS.com- Sebanyak 1.300 ton sampah per hari diproduksi di Kota Tangerang. Jumlah itu disebut cukup banyak oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin.

"Jumlah yang sangat besar,” ucap Nurdin dalam sambutannya di acara peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024, yang berlangsung di Aula SMPN 1 Tangerang, Sabtu, 2 Maret 2024.

Menurut Nurdin, upaya penanganan sampah di Kota Tangerang memerlukan kolaborasi dari semua pihak, sehingga kota yang bersih dan bebas sampah dapat terwujud.

"Kita harus kolaborasi, dengan mengedepankan prinsip pengelolaan sampah berbasis masyarakat," jelasnya.

Lanjut Nurdin, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang akan melakukan beberapa upaya, seperti mendorong pengelolaan sampah melalui berbagai metode, seperti pemeliharaan maggot, bank sampah, sedekah sampah, dan lainnya.

Selain itu, juga akan memupuk kesadaran masyarakat terkait pengurangan sampai mulai dari tingkat rumah tangga hingga lingkungan sekolah.

"Lakukan pengelolaan sampah secara masif, memperluas dan meningkatkan program pengelolaan sampah di seluruh wilayah Kota Tangerang, dengan fokus pada siklus pembuatan pupuk dan solusi inovatif lainnya," katanya.