TangerangNews.com

Lima Kompleks Perumahan Disulap Jadi Kampung Hijau

| Kamis, 17 Mei 2012 | 18:23 | Dibaca : 1895

 

TANGERANG-Pemerintah Kota Tangerang melalui Badan Lingkungan Hidup (BPLH) membentuk kampung hijau di komplek perumahan yang rawan banjir. Dengan program kampong hijau tersebut, warga diajarkan untuk melakukan penghijauan di lingkugannya sehingga bisa menanggulangi banjir.
 
Konsultan Lingkungan Hidup yang bermitra dengan BPLH Kota Tangerang, Ade Rusmana mengatakan, selama tiga bulan, ada lima lokasi perumahan yang akan dibentuk menjadi kampung hijau, yaitu Pinang Griya, Ciledug Indah I, Pondok Surya, Griya Kencana I, dan Griya Ciledug.
 
“Melalui program ini warga akan dituntut untuk mengelola sampah sendiri, melakukan pertanian produktif, dan pengelolaan air secara bijaksana," ucapnya, saat acara sosialisasi program kampung hijau di RT 003/06 perumahan Pinang Griya, Kota Tangerang, Kamis (17/5).
 
Selain lima lokasi tadi, atas keinginan warga setempat, program kampung hijau juga akan diterapkan di perumahan Ciledug Indah II, Komplek Barata, dan Benua Indah. Untuk melaksanakan program kampung hijau ini, kata Ade, bukan hal mudah. Semua kembali kepada kemauan dan tekad dari warga setempat. "Apakah warga ingin lingkungannya menjadi hijau, dan sehat? Semua terserah kepada warga. Karena untuk membangkitkan semangat tidak mudah," ucapnya.
 
Dewi Anggraeni, Ketua RW 06 perumahan Pinang Griya, mengatakan pemkot Tangerang telah mencanangkan Kelurahan Pinang menjadi sentra pertanian organik. Karena itu, sebagai Ketua RW 06, yang membawahi sekitar 400 KK dari 12 RT, sedang berupaya keras membangkitkan semangat warga untuk menjadi petani lokal di rumah masing-masing.
 
"Dengan keterbatasan lahan yang ada, maka pertanian yang cocok bagi warga perkotaan ya pertanian organik yang ditanam dalam pot," ucapnya.(RAZ)