TangerangNews.com

1.768 Calon Jemaah Haji Kota Tangerang divaksin meningitis

| Selasa, 11 September 2012 | 17:05 | Dibaca : 1543


Sebanyak 1.768 calon jemaah haji asal Kota Tangerang di tahun 2012 ini mulai diberikan vaksin meningitis. (tangerangnews / rangga)



Reporter : Rangga A Zuliansyah

TANGERANG-Sebanyak 1.768 calon jemaah haji asal Kota Tangerang di tahun 2012 ini mulai diberikan vaksin meningitis secara gratis oleh Dinas Kesehatan (Dinkes), Selasa (11/9). Vaksin diberikan bertahap selama empat hari di Puspem Kota Tangerang.
 
Sekertaris Dinkes Kota Tangerang dr Wibisono mengatakan, sebanyak 1.768 calon jemaah haji di kota Tangerang ini terdiri dari 823 laki-laki dan 945 wanita. Pada hari pertama, vaksin akan diberikan kepada 411 calon jemaah. "Pemberian vaksin ini dilakukan bertahap. Diharapkan pada hari keempat seluruh jemaah haji asal Kota Tangerang sudah divaksin," katanya.
 
Wibisono juga menerangkan, vaksinasi meningitis dilakukan minimal 10 hari sebelum keberangkatan. Vaksin meningitis  wajib didapat oleh calon jemaah haji untuk melindungi risiko tertular meningitis meningokokus, suatu infeksi yang terjadi pada selaput otak dan sumsum tulang belakang dan keracunan darah.
“Untuk vaksin menigitis calon jemaah haji tidak dikenakan biaya. Sedangkan untuk vaksin influenza dikenakan biaya kepada calon jamaah, karena tidak dibiayai oleh pemerintah,” ujarnya.