TangerangNews.com

Penerima Raskin Meningkat Dua Kali Lipat

| Rabu, 12 September 2012 | 16:44 | Dibaca : 882


Sekda Kota Tangerang Harry Mulya Zein (tangerangnews / dens)



Reporter : Rangga A Zuliansyah  

TANGERANG-Penerima beras miskin (raskin) di Kota Tangerang pada tahun 2012 meningkat dua kali lipat dari tahun sbelumnya. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penerima raskin pada tahun 2011 sebanyak 28.546 Rumah Tangga Sasaran (RTS), kini meningkat jadi 53.046 RTS.
 
Menurut Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi Dinas Sosial Kota Tangerang Agus R Wahyudin, jumlah raskin yang akan disalurkan kepada 52.046 RTS ini sebanyak 795.000 ton per bulan. Untuk setiap RTS, diberi jatah 15 kg. “Penerima raskin tahun ini lebih banyak. Memang mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya sekitar 100 persen. Data ini acuan dari BPS,” ujarnya, Rabu (12/9).
 
Agus mengungkapkan, raskin tahun ini akan mulai disalurkan kepada seluruh RTS  di 13 Kecamatan Kota Tangerang, pada 12 September. Penyaluran akan dilakukan secara bertahap. “Untuk 15 Kg raskin akan dijual seharga 24 ribu,” katanya.
 
Sementara Sekda Kota Tangerang Harry Mulya Zein mengatakan bahwa bertambahnya angka penerima raskin itu wajar, seiring meingkatnya jumlah penduduk di Kota Tangerang. Setiap tahunnya, banyak para pendatang masuk ke Kota Tangerang untuk mencari kerja.
 
“Hal ini wajar. Dengan meningkatnya jumlah penduduk otomatis meningkat juga warga miskinnya. Kemungkinan para pendatang yang mencari kerja ke Kota Tangerang tapi tidak mendapatkannya, sehingag malah jadipengangguran,” katanya.
 
Saat ini, kata Sekda, Jumlah penduduk Kota Tangerang mencapai 2.006.000 jiwa.  Meski warga miskin meningkat, Pemkot juga selalu mencanangkan program-program untuk mengentaskan kemiskinan, seperti kesehatan dan pendidikan gratis.