Selasa, 30 April 2024

Manager Perusahaan Elektronik Selundupkan Sabu dari Hongkong

Para Tersangka Penyelundup Sabu seberat 14,8 Kg yang berhasil digagalkan di Bandara Soekarno-Hatta.(Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)

 
TANGERANG-Salah satu pelaku penyelundup sabu-sabu melalui Bandara Soekarno Hatta yang diamankan petugas Kantor Bea Cukai adalah seorang manager perusahaan elektronik terbesar di Bekasi, pria warga Negara Indonesia berinisal MH, 46.
 
Kepala Kantor Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta Okto Irianto mengatakan, tersangka MH merupakan kurir narkoba Internasional yang bertugas menyelundupkan narkotika ke sejumlah negara.
 
“Dia membawa sabu dari Hongkong, tapi yang memerintahnya jaringan Nigeria. Dia sendiri telah berkenalan dengan jaringan Nigeria ini sejak 6 tahun yang lalu,” katanya, Selasa (12/8).
 
MH sendiri sudah bekerja selama 20 tahun di perusahaan elektonik milik asing yang terbesar di Bekasi dan kini telah menjabat sebagai manager. Diduga karena tergiur uang, MH rela menjadi kurir narkoba. “Mungkin karena dia butuh uang, atau dia pemakai,” ujar Okto.
 
Ditangkapnya MH berawal dari kecurigaan petugas ketika dia baru turun dari pesawat Garuda Indonesia (GA 863) rute Hongkong-Jakarta, pada Selasa (5/8) lalu. Saat di Terminal 2E Kedatangan, petugas memeriksa barang bawaaan MH. Ternyata terdapat 3,5 Kg sabu yang disembunyikan tiga ransel bawaannya.
 
“Nilai estimasi barang tersebut sekitar Rp 4,7 miliar,” ujar Okto.
 
Wakasat Narkoba Polres Bandara Soekano Hatta AKP Subekti mengatakan, ternyata sebelum membawa sabu itu dari Hongkong, MH telah menyelundupkan sabu ke Tokyo. Di sana aksinya berhasil, namun sayang ternyata itu yang terakhir.
 
“Sebelumnya dia sudah jalan jalan dari Jakarta-Hongkong-Tokyo-Hongkong dan terkahir ke Jakarta, lalu akan berlanjut ke Surabaya. Dia sudah kita hentikan saat tiba di bandara,” jelas Okto.
 
Tags sabu-sabu