Jumat, 17 Mei 2024

Penerbangan Airlines Akan Direview

Plt Dirjen Perhubungan Udara Djoko Murjatmodjo saat konpres di kantor Otban Bandara Soetta, Tangerang.(Dira Derby / TangerangNews)

TANGERANG-Pasca hilangnya pesawat AirAsia QZ 8501 rute Surabaya-Singapura yang membawa 155 penumpang, Minggu (28/12) kemarin, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menegaskan akan mereview seluruh penerbangan airlines yang beroperasi di Indonesia demi keselamatan penumpang.
 
"Kita akan lakukan round check dan review terhadap seluruh penerbangan di setiap airlines agar penumpang memiliki kenyamanan keselamatan saat menggunakan transportasi udara," ujar Ignasius di Kantor Otoritas Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Senin (29/12).
 
Ignasius mengatakan, review tidak hanya pada AirAsia saja, tetapi semua airlines baik dalam maupun luar negeri yang beroperasi di Indonesia. Namun, dia tidak bisa menjelaskan secara rinci mengenai jenis review terhadap masing - masing airlines.
 
“Dengan adanya review, bisnis transportasi udara di Indonesia, maka terjadi peningkatan keamanan. Kita ingin pastikan semuanya dalam kondisi baik," paparnya.
 
Sementara Plt Dirjen Perhubungan Udara Djoko Muratmodjo mengatakan, review terhadap seluruh airline telah berjalan saat ini. Tujuannya bukan ingin membatasi bisnis penerbangan, tetapi memastikan tentang keamanan penumpang dalam menggunakan fasilitas transportasi udara.
 
"Tidak hanya AirAsia, kita ingin pastikan bila seluruh airlines memiliki keamanan yang baik dan penumpang merasa nyaman," ujarnya.
 
Tags Bandara Soekarno-Hatta