Selasa, 7 Mei 2024

416 TKI Asal Timur Tengah Pulang

Tampak sejumlah TKI di sebuah Bandara di Indonesia(internet / istimewa)

 
TANGERANGNEWS-Pemerintah memulangkan sebanyak 416 TKI bermasalah dari Timur Tengah. Mereka tiba di tanah air hari ini Selasa, (10/11) sekitar pukul 13.00 dengan maskapai penerbangan Garuda. Para tenaga kerja wanita ini ada beberapa diantaranya sakit dan harus menggunakan kursi roda. Sejumlah TKW juga membawa anak-anak balita jumlahnya sekitar 17 anak.

Secara khusus TKI ini ditempatkan di lounge TKI Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Mereka disambut secara resmi oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar, Menteri Hukum dan Ham Patrialis Akbar, Ketua BNP2TKI Jumhur Hidayat, Deputi bidang koordinasi bidang pemberdayaan dan perlindungan anak, Maswita Djaya, Dirjend Perhubungan Udara Harry Bakti, perwakilan Menlu.

Dihadapan para TKI, Mentri Patrialis menyatakan akan membantu mengurus kewarganegaraan anak-anak yang dibawa ibunya pulang ke Indonesia. Patrialis juga berjanji membuatkan paspor gratis bagi TKI baru.

Sementara itu Menteri tenaga kerja Muhaimin Iskandar menyatakan akan menyetop pemberangkatan TKI ke Kuwait. Ratusan TKI itu setelah mendengarkan penjelasan dari menteri kemudian dipulangkan ke daerah masing-masing melalui Terminal TKI Selapajang. Mereka diangkut menggunakan bus.m TKI asal Cirebon yang mengaku Sunaci mengatakan digaji 50 dinar sebulan atau setara Rp 1,5 juta. "Saya dituduh mencuri, akhirnya saya lari KBRI,"kata Sunaci
.(dira)
 
Tags