Selasa, 30 April 2024

Perluasan Bandara Soekarno-Hatta Belum ada Kepastian

Lokasi parkir di Bandara Soekarno-Hatta.(tangerangnews / dira)


TANGERANG-Terkait dengan rencana perluasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Pemkab Tangerang mengaku belum mendapat kepastian lahan mana saja yang akan dibutuhkan. Pasalnya, PT Angkasa Pura II belum memasukan surat permohonan untuk rencana perluasan tersebut.  Seperti diketahui PT Angkasa Pura II berencana akan melakukan perubahan bandara tersebut, termasuk memperluas runway pada 2012 ini.
 
Sekda Kabupaten Tangerang Hermansyah mengatakan, hingga pekan ini pengelola bandara belum menyampaikan surat tersebut ke Pemkab Tangerang. Pihaknya sendiri sebenarnya setuju dengan rencana perluasan, karena rencana tersebut merupakan strategi nasional. “Akan tetapi bagaimana kami mau melakukan pembebasan lahan, surat permohonan dari pengelola bandara saja belum kami terima," katanya.  
 
Hermansyah berharap pengelola bandara secepat mungkin memasukkan surat permohonan itu. Selanjutnya, Pemkab Tangerang memprosesnya. Karena Pemkab Tangerang akan memebntuk tim yang melaksanakan pembebasan lahan.
 
Tim ini kemudian akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan menetapkan berapa harga lahan yang selayaknya diberikan kepada pemilik lahan. Selanjutnya, Pemerintah kabupaten menyiapkan anggaran untuk pembebasan lahan. "Proses pembebasan lahan butuh waktu lama, minimal 2 tahun karena terkait dengan status tamah milik warga," kata Hermansyah.(DRA)
 

Tags