Selasa, 14 Mei 2024

TKW Hamil Nekat Selundupkan Sabu dari Kuala Lumpur

Sam, 43, yang bertugas mengambil paket sabu dari Roniyah( / )

TANGERANG-Seorang tenaga kerja wanita asal Sampang, Madura, Jawa Timur bernama Roniyah, 22, ditangkap petugas Bea dan Cukai Soekarno-Hatta. Roniyah yang sedang hamil enam bulan diamankan karena di dalam kopernya menyembunyikan serbuk narkotika yang belakangan diketahui positif sabu.
 
Menurut Kepala Seksi penindakan dan penyelidikan Kantor Bea dan Cukai Soekarno-Hatta, Gatot Sugeng Wibowo, Roniyah ditangkap pada Rabu (28/12) lalu pukul 11.00 WIB. Dia diamankan sesaat setelah turun dari pesawat Garuda Indonesia Airways (GA-819) dari Kuala Lumpur - Jakarta yg mendarat di terminal kedatangan 2E Bandara Internasional Soekarno Hatta.
 
"Pelaku (Roniyah) membawa sabu melalui barang bawaan bagasi. Kemudian tas ditinggal, dia terbang ke Surabaya. Jadi hanya transit. Tapi barang ditinggal di Bandara Soekarno-Hatta," ujarnya, Jumat (30/12).
 
Sabu seberat 300 gram senilai Rp 600 juta itu disimpan dalam koper pakaian warna abu-abu. "Modusnya, sabu itu dikemas dalam empat bungkus plastik disimpan dalam dua kotak karton disamarkan bersama pakaian dalam,"ujar Gatot.
 
Atas temuan itu, Tim Badan Narkotika Nasional (BNN) bersama-sama anggota Bea dan Cukai Bandara Soekarno Hatta, CNT Pusat dan KPPBC TMP Juanda melakukan pengembangan . "Tim gabungan berhasil menangkap seorang laki-laki bernama Sam, 43. Dia yang mengambil paket sabu dari Roniyah. Atas petunjuk nama barang bagasi atas nama Roniyah,"kata Gatot.
 
Sam juga kelahiran Sampang Madura ini merupakan calo pencari TKW. " Sam dan Roniyah tidak saling mengenal. Ini jaringan yang telah mengatur. Tersangka wanita tidak bisa kami hadirkan, karena dia sedang mengandung,"kata Gatot.(DRA)

Tags