Sabtu, 18 Mei 2024

2 Kali Jalan ke Pintu Belakang Bandara Soekarno-Hatta Diduduki Buruh

Macet di dekat pintu M1.(tangerangnews / dira)

TANGERANG-Buruh yang tergabung dalam Persatuan Buruh Independen (PBI) melakukan orasi selama satu jam di depan pintu masuk belakang (M1) Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Dalam orasinya, massa mendesak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono agar mementingkan kaum buruh. "Presiden agar memberikan kebijakan yang pro rakyat, bukan kepentingan pemodal dan kapitalis," kata koordinator aksi, Rahmat, Selasa (1/5).

Ratusan buruh itu sebelumnya mendesak masuk ke Bandara. Tetapi mereka gagal masuk ke bandara karena ratusan aparat keamanan dari polisi dan TNI sudah berjaga di pintu masuk belakang bandara.

"Penerbangan akibat demo buruh itu tidak terganggu. Sebelumnya sudah ada ratusan aparat gabungan dari polisi dan TNI berjaga-jaga sejak ada informasi ditutupnya M1," jelas deputi senior Bandara Soekarno Hatta, Mulya Abdi.

Berselang dengan itu, Jalan Suryadharma kembali diduduki buruh sekitar pukul 14.10 WIB. Kali ini ratusan buruh dari KSPSI Kabupaten Tangerang yang memblokir jalan.

Buruh membawa spanduk besar yang bertuliskan tuntutan mereka. Salah satunya meminta 1 Mei menjadi hari libur nasional. "Kami hanya akan menyampaikan aspirasi," ujar Usep seorang buruh.

Buruh duduk di jalan tersebut, dengan sepeda motornya. Petugas dari Polres Metro Kota Tangerang, Polres Metro Bandara Soekarno-Hatta dan TNI pun dengan sigap berjaga-jaga di lokasi agar buruh tidak sampai masuk ke Bandara. (DRA)
 

Tags