Minggu, 19 Mei 2024

Garuda Operasikan 15 Pesawat Untuk Perjalanan Haji

Ilustrasi pesawat Garuda (ok / ok)

Reporter : Rangga A Zuliansyah
 
TANGERANG-Garuda Indonesia mengoperasikan sebanyak 15 pesawat untuk melayani perjalanan haji tahun 2012. Direktur Utama PT Garuda Indonesia, Emirsyah Satar, mengatakan pesawat yang digunakan yakni 11 pesawat A330, tiga pesawat B-747 dan satu pesawat 767-300ER.
 
"Pesawat yang digunakan untuk membawa jamaah calon haji, seluruhnya berusia muda," kata Emirsyah Satar ditemui usai pelepasan calon jamaah haji di Bandara Soekarno Hatta, Jumat (21/9).
 
Ia mengatakan, awak kabin yang akan bertugas dalam penerbangan haji berjumlah 556 orang dan 60 persen diantaranya awak kabin yang direkut dari daerah embarkasi. Dengan direkutnya awak kabin dari daerah embarkasi, maka diharapkan akan memudahkan komunikasi dengan para jamaah calon haji. "Karena, sebagian besar jamaah haji berasal dari daerah dan menggunakan bahasa daerah," katanya.
 
Emirsyah Satar pun mengingatkan kepada para jamaah untuk tidak membawa barang kategori berbahaya seperti kompor minyak, gas LPG, minyak korek api, pisau, hunting, hair spray atau parfum dan tabung semprot. "Kesepakatan antara Depag dan Garuda Indonesia, barang bawan tidak boleh melebihi 32 kilogram baik saat keberangkatan menuju jeddah atau madinah atau kepulangan," katanya.

Tags