Selasa, 14 Mei 2024

Narkotika Rp31 M Dimusnahkan Polres Bandara

Pemusnahan Narkotika sitaan Polres Metro Bandara Soekarno-Hatta.(tangerangnews / rangga)

 
 
TANGERANG-Barang bukti narkotika hasil sitaan Polres Bandara Internasional Soekarno-Hatta senilai Rp 30 miliar dimusnahkan, Jumat (19/4). Narkotika yang oleh pelakunya dicoba untuk diselundupkan ke Indonesia lewat Bandara tersebut itu adalah hasil pengungkapan sejak 13 Maret -3 April 2013.

Kasat Narkoba Polresta Bandara Soetta Kompol Alamsyah Pelupessy mengatakan, barang bukti yang dimusnahkan antara lain sabu seberat 20,7 kg, heroin 400 gram dan ketamine seberat 1,03 Kg.

“Jika dirupiahkan, nilai estimasinya Rp31.625.500.000,” ungkapnya, usai pemusnahan barang bukti di tempat pembakaran sampah milik PT Angkasa Pura  II, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Dari 10 kasus yang berhasil terungkap selama 13 Maret - 3 April 2013, empat diantaranya dikirimkan melalui jasa pengiriman barang dari berbagai negara menuju Indonesia.  Sedangkan enam lainnya, dibawa langsung oleh warga negara asing dengan berbagai modus.

“Dari 10 kasus ini kami mengamankan 20 tersangka, namun yang dibawa kepemusnahan ini hanya 14 orang, lainnya tengah masa penyelidikan. Adapun rinciannya warga Negara Nigeria dua orang, Filipina tiga orang , dan Cina  tiga orang. Sisanya warga Negara Indonesia,” ungkap Alamsyah.

Sementara itu, Kombes Pol CH. Patoppoi mengatakan, pengungkapan kasus penyelundupan narkoba dari jaringan internasional menuju Indonesia pada bulan Maret ini lebih besar jika dibandingkan dengan bulan Februari.

“Pada Februari lalu kami berhasil mengamankan 11 tersangka dengan barang bukti dua kilogram. Sedangkan untuk Maret ini meningkat, dengan 20 tersangka dan 20 kilogram barang bukti,” tuturnya.

Meningkatnya jumlah tersebut, kata Kapolres, menandakan semakin nekatnya para sindikat narkoba Internasional menjadikan Bandara Soekarno Hatta sebagai pintu gerbang masuk menyelundupkan barang haram mereka. “Untungnya, berhasil digagalkan dengan kecekatan dan ketelitian seluruh petugas dilapangan,” tuntasnya. (RAZ)
 
Tags