Sabtu, 18 Mei 2024

200 Jalan Lingkungan Akan Dibangun di Kota Tangerang

Jembatan Satria Sudirman(Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)

 
TANGERANG-Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Tangerang akan membangun 200 jalan lingkungan yang terbesar di 13 kecamatan. Alokasi pembangunan jalan lingkungan tersebut sebesar Rp 14 miliar dari APBD Perubahan 2013.
 
Kepala Dinas PU Kota Tangerang Karsidi mengatakan, pada APBD Perubahan pihaknya hanya membangun 200 jalan lingkungan karena keterabatasan waktu.

"APBD P baru ditetapkan kemarin, kalau bangun jalan besar waktunya tidak mungkin selesai sampai Desember. Jadi dimanfaatkan membangun jalan lingkungan," katanya, Selasa (1/10).
 
Menurut Karsidi, pembangunan jalan ini dilakukan menyebar di 13 kecamatan, karena Pemkot ingin merealisasi pembangunan secara merata. Sementara jenis konstuksinya tergantung kondisi lokasi.

"Ada tiga jenis, bisa pakai konblok, hotmix atau beton," katanya.
 
Ditambahkan Karsidi, pembangunan jalan tersebut selain bertujuan untuk mengurangi kemacetan, juga untuk mempermudah akses jalan masyarakat.
 
Untuk kerusakan pada jalan-jalan besar, kata Karsidi, sementara dilakukan perbaikan dengan cara tambal sulam menggunakan anggaran pemeliharaan. Sedangkan untuk perbaikan secara permanen, akan dilakukan pada tahun anggaran 2014.
 
"Untuk perbaikan kita terkendala keterbatasan anggaran, selain itu tidak mungkin kita bisa tangani semua kerusakan. Sementara itu, jika menunggu anggaran 2014 terlalu lama dan kerusakan akan semakin parah. Jadi kita tambal sulam dulu," katanya.
Tags Arief R Wismansyah