Rabu, 8 Mei 2024

Buruh Bubar, Akses Tol Bitung Kembali Lancar

Buruh Bubar, Akses Tol Bitung Kembali Lancar(Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)

TANGERANG-Setelah sekitar empat jam memblokir pintu masuk dan keluar Tol Bitung di Jalan Raya Serang KM 9 dan 10, akhirnya ribuan buruh membubarkan diri.

Pembubaran dilakukan setelah aparat kepolisian memerintahkan agar demo dihentikan lantaran telah menganggu akses jalan umum.

Awalnya buruh tetap bersikeras berdemo, namun setelah polisi menerjunkan dalmas bertameng dan armada water canon, mereka akhirnya tak berkutik dan langsung membubarkan diri.

Setelah itu akses tol kembali dibuka. Lalu lintas di Jalan Raya Serang yang lumpuh akibat demo juga kembali lancar.

Seperti diketahui ribuan buruh Tangerang menolak UMK 2015 yang direkomendasikan oleh kepala daerah Tangerang ke Gubernur Banten. Untuk Kota Tangerang sebesar Rp 2.730.000 dan Kabupaten Rp Rp 2.710.000

Mereka menuntut dua kepala daerah tersebut merevisi rekomendasi UMK sesuai tuntutan mereka. "Kita minta untuk Kota sebesar Rp3,2 juta dan Kabupaten Rp3,1 juta," tukas korlap aksi Gusril.

Ada sekitar 20 ribu buruh yang berdemo. Sementara aparat kepolisian yang diterjunkan sebanyak 10 SSK atau setara 1000 personil dari Polresta Tangerang dan Polda Metro Jaya.
 
 
Tags Buruh Tangerang