Selasa, 30 April 2024

Kantor JMBI Tutup Pasca Bermasalah

Kantor biro umroh dan haji Jaya Mandiri Bersama Indonesia (JMBI) di Perumahan Taman Mahkota, Jalan Husein Sastranegara, Blok B5 No.9, RT 1/9, Kelurahan Benda, Kecamatan Benda, Kota Tangerang tutup(Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)


TANGERANG-Kantor biro umroh dan haji Jaya Mandiri Bersama Indonesia (JMBI) di Perumahan Taman Mahkota, Jalan Husein Sastranegara, Blok B5 No.9, RT 1/9, Kelurahan Benda, Kecamatan Benda, Kota Tangerang tutup. Diduga penutupan itu terjadi pasca peristiwa 49 jamaah umroh yang tertahan di Jeddah.

Ketua RW 09 Naswardi mengatakan, rumah dua lantai yang dijadikan kantor tersebut sudah tutup Senin (17/5) lalu. Pasalnya sewa kontrak rumah tersebut, sudah habis dan tidak dilanjutkan oleh pemilik, Noor Jannah.

"Kantor-nya itu kan sewa, karena ada rame-rama aja kemarin, jadi enggak diperpanjang," jelasnya, Rabu (20/5).

Calon Jamaah Minta Pihak Travel Kembalikan Biaya Umroh

Naswardi menjelaskan, kantor JMBI beroperasi sejak empat tahun yang lalu. Noor Jannah juga memiliki rumah disamping kantor tersebut. Namun dihuni oleh pegawai kantor. Dirinya sebagai RW hanya sekedar menanyakan identitas pemilik saja.

"Waktu mau buka kantor, pernah saya sarankan untuk menggunakan ruko saja yang di depan perumahan, tetapi karena izin domisili usahanya ada disitu, ya akhirnya pakai rumah itu. Selama ini sih tidak ada masalah, baru kali ini saja," jelasnya.

Dia sendiri tidak mengetahui kantor JMBI pindah kemana. Pasalnya, pemilik tidak melaporkan kepindahannya. "Tidak tahu pindah kemana. Tidak ada laporan ke saya," jelasnya.

Naswardi menambahkan, pasca bermasalahnya sejumlah leader atau agen pencari konsumen, kantor tersebut kerap didatangi orang. Namun mereka pun tampaknya kebingungan karena sudah tutup.

"Ya mungkin karena leader ini yang nyari calon jamaah, jadi mereka yang diuber pihak jamaah yang di Jeddah itu," terangnnya.

Tags Bandara Soekarno-Hatta