Rabu, 8 Mei 2024

Dinas Pendidikan Tangerang Kembangkan RSBI

Kadis Pendidikan Kota Tangerang Zaenudin saat menangkap langsung pelajar yang kedapatan membolos.(tangerangnews / dens)


TANGERANGNEWS-Untuk meningkatkan kualitas sekolah yang ada di Kota Tangerang. Dinas Pendidikan Kota Tangerang menaikan standar sekolah yang ada, mulai dari bertaraf nasional hingga Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional(RSBI).
 
Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Zaenudin mengungkapkan, peningkatan status dari nasional ke taraf internasional merupakan salah satu wujud untuk meningkatkan SDM pengajar maupun siswa. “Dengan adanya peningkatan SDM ini, nantinya segala kegiatan belajar dan mengajar akan semakin meningkat,” ungkanya, Kamis (15/4).
 
Disebutkannya, untuk SMP hanya satu saja yang bertafar internasional yakni SMP Negeri 1. Sedangkan SMK terdiri dari SMK 3, SMK 2, SMK 1. Sementara untuk SMA yakni SMA 1 dan SMA 8. “Sekolah ini sudah memenuhi persyaratan. Salah satunya, kegiatan belajar mengajarnya disampaikan melalui bahasa inggris. Bahasa inggris ini sangat potensial sekali untuk menjalin komunikasi,” terang Zaenudin.
 
Dikatakan Zaenudin, dalam sekolah RSBI, setiap kelasnya hanya terdiri dari 24 hingga 32 siswa agar kegiatan belajar mengajar lebih maksimal. Tak hanya itu, niai kelulusan juga ditentukan dalam perubahan status, dimana untuk RSBI nilai kelulusan mencapai 7,5 dan SDM siswa rata-rata 7 setiap mata pelajaran. “Pengajar lebih maksimal untuk memantau daya tangkap siswa dalam setiap pelajar, karena ini memacu SDM dari siswa sendiri,” katanya.
 
Sementara terkait mahalnya sekolah RSBI, Zaenudin menjelaskan bahwa RSBI ini tidak mahal karena anggarannya dibantu oleh pemerintah pusat sebesar 50 persen, Provinsi Banten 30 persen, dan Pemda setempat 20 persen. “Tidak perlu khawatir tentang biaya, jika memang ada siswa yang cerdas dan terkendala di biaya, maka secara tegas pihak pemkot dapat membantunya. Karena dana tersebut diambil dari APBN dan APBD (subsidi silang),” imbuhnya.(rangga)

Tags