Minggu, 19 Mei 2024

Sekolah Perpanjang Jadwal Pelajaran Agama

Kadis Pendidikan Kota Tangerang Zaenudin saat menangkap langsung pelajar yang kedapatan membolos.(tangerangnews / dens)

 
 
TANGERANGNEWS-Selama bulan puasa, jam pelajaran untuk agama Islam di sekolah ditambah satu jam dalam setiap pertemuan. Hal tersebut merupakan keputusan Dinas Pendidikan Kota Tangerang untuk meningkatkan ketaqwaan dan keimanan siswa.
 
“Penambahan jam pelajaran ini program baru Dinas Pendidikan guna mempertebal pengetahuan siswa tentang agama. Jadi jam pelajaran untuk agama yang biasanya hanya 2 jam saja dalam sekali pertemuan, untuk ramadhan kali ini ditiambah menjadi 3 jam,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Zaenudin.
 
Menurut Zaenudin, dengan banyaknya pengetahuan agama, dapat menumbuhkan rasa keimanan siswa sehingga dapat membentuk moral dan prilaku siswa yang baik. “ Program ini diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa,” tambahnya.
 
Selain menambahkan jam pelajaran untuk mata pelajaran agama, Zaenudin juga menghimbau kepada seluruh sekolah di Kota Tangerang untuk menyelenggarakan Pesantren kilat selama ramadhan.
 
Sementara untuk jadwal pelajaran lain, lanjut Zaenudin, di semua sekolah dikurangi lima menit untuk setiap jam pelajaran selama bulan Ramadhan. Dengan pengurangan itu, maka jam pelajaran yang rata-rata selama 45 menit per mata pelajaran menjadi 40 menit. “Ini kebijakan Dinas Pendidikan seperti tahun-tahun lalu. Jam pelajaran kita kurangi untuk memperlancar siswa menjalani ibadah puasa,” terangnya.
 
Kepala Seksi SD dan MI Dinas Pendidikan Kota Tangerang Nia Kurniati mengatakan, selama bulan Ramadhan kegiatan tadarus maupun pesantren kilat untuk disetiap sekolah sudah menjadi hal yang rutinitas dilakukan. “Biasanya sekolah sudah menjadwalakan pesantren kilat pada bulan ramadhan sesuai dengan kalender pendidikan,”  pungkas Nia.(rangga)
Tags