Jumat, 17 Mei 2024

39 Ruas Jalan di Kota Tangerang Dipastikan Aman Dilalui Pemudik Lebaran 2024

Jalan di Kota Tangerang yang menjadi jalur mudik Lebaran 2024.(@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Menghitung hari jelang mudik Lebaran tahun 2024, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) memastikan jalan di Kota Tangerang dalam kondisi baik untuk dilalui pemudik.

Kepala DPUPR Kota Tangerang Ruta Ireng Wicaksono mengungkapkan Kota Tangerang memiliki total 251 ruas jalan dengan panjang keseluruhan 255 kilometer. 

Sebanyak 39 ruas jalan di antaranya menjadi akses jalur mudik di Kota Tangerang, baik jalan nasional dan juga jalan provinsi.

"Kondisi jalan saat ini sudah 99 persen mantap," ujarnya, Rabu 3 April 2024.

Pihaknya juga terus berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dan pusat, khususnya untuk jalan-jalan yang memang menjadi perlintasan atau jalur mudik di arah timur ke arah barat yaitu Jalan Daan Mogot, Jalan Merdeka, dan Jalan Gatot Subroto.

Kemudian, lintasan arah selatan ke utara melalui Jalan MH. Thamrin, Jalan Jend. Sudirman, dan Jalan M. Toha.

Tim operasional jalan PUPR pun akan selalu siaga hingga arus balik, untuk melakukan sweeping atau patroli mencari dan menambal jalan-jalan yang berlubang.

Tak hanya itu, tim operasional drainase dan sumber daya air juga akan disiagakan untuk antisipasi terjadinya banjir.

“Tim akan terus beroperasi karena jalan terus digunakan dan dinamis. Tim ada tersebar di 13 kecamatan dengan 30 personel akan siaga baik di H-3 hingga H+3 lebaran,” jelas Ireng.

Masyarakat diimbau untuk berhati-hati dan mematuhi lalu lintas selama menjalankan mudik Lebaran tahun 2024. Sebab, masih ada beberapa titik jalan yang masih dalam pembangunan, salah satunya Fly Over Cibodas oleh pemerintah pusat.

"Diharapkan masyarakat juga untuk berpartisipasi melaporkan keluhan atau adanya temuan jalan yang berlubang melalui aplikasi Tangerang LIVE dengan fitur LAKSA," tutup Ireng.

Tags Dinas PUPR Kota Tangerang Kota Tangerang Mudik Lebaran 2024 Mudik Tangerang Pemkot Tangerang