Minggu, 19 Mei 2024

60 Penderita Katarak Dioperasi Gratis

PMI(tangerangnews / dira)


 
 
TANGERANG-Sebanyak 60 penderita katarak dari kalangan kurang mampu diporasi gratis di ruang bedah mata RSUD Kabupaten Tangerang, Minggu (13/11). Kegiatan ini dilakukan PMI Kota Tangerang bersama PERDAMI (Persatuan Dokter Mata Indonesia) dan PT. Sidomuncul guna mendukung program kesehatan mata bagi masyarakat kurang mampu.
 
 
Ketua PMI Kota Tangerang Kuswarsa mengatakan, jumlah penderita katarak yang mendaftar berjumlah 60 orang dan akan di tangani oleh 5 dokter spesialis mata.
 
 
"Kegiatan yang dilaksanakan PMI bersama PERDAMI ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang kurang mampu. Agar mereka bisa lebih jelas melihat dan menjalani hidupnya dengan normal," ujarnya.
 
 
Kuswarsa menambahkan, berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan RI, dari total 3 juta orang buta, separuh di antaranya karena penyakit katarak. Setiap tahun, diperkirakan ada 240.000 kasus katarak baru di Indonesia.
 
" Kebutaan karena katarak sesungguhnya bisa diatasi dengan cara pembedahan. Untuk itu, kita semua hendaknya turut serta menanggulangi penyakit katarak," tegas Kuswarsa.
 
 
Menurut Kuswarsa program operasi katarak gratis ini tidak akan hanya dilakukan di Kota Tangerang saja, tetapi juga di berbagai daerah Provinsi Banten lainnya seperti Pandeglang, Lebak dan Kota Tangerang Selatan dengan target 200 pasien.(RAZ)

Tags